10 Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Makanan dan Minuman Alami

Posted on

10 Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Makanan dan Minuman Alami – Perut kembung adalah kondisi yang umum dialami oleh setiap orang karena beberapa kelalaian. Adapun penyebab perut kembung antara lain berbaring setelah makan, mengonsumsi makanan pedas, makan terlalu banyak dan minum kopi. Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, kondisi ini membuat kita tidak nyaman. Oleh karenanya, simak yuk beragam cara mengatasi perut kembung berikut.

Perut kembung bisa terjadi pada semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja, dan bahkan lansia. Dalam beberapa kasus, perut kembung juga diikuti oleh sesak nafas, susah BAB dan mual. Untuk meredakan rasa tidak nyaman di perut Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis makanan dan minuman.

Penasaran bagaimana cara mengatasi perut kembung? Temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Makan Buah Pisang

Makan Buah Pisang

Tidak banyak orang yang menyangka, ternyata pisang bisa dimanfaatkan sebagai makanan penghilang perut kembung. Pasalnya, didalam pisang terkandung banyak kalium yang berfungsi untuk melawan efek samping akibat kelebihan mengonsumsi makanan asin.

Kandungan kalium pada buah pisang akan mencegah resistensi cairan dan menetralkan kadar sodium di dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan serat larut yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Dengan demikian, proses penguraian makanan di dalam perut menjadi lebih cepat.

Minum atau Mengompres Dengan Air Hangat

Pertolongan pertama yang paling mudah dilakukan ketika mengalami perut kembung adalah minum air hangat. Efek panas dari air diyakini bisa membuang tumpukan gas dari dalam perut secara efektif. Minumlah segelas air hangat, maka angin akan keluar beberapa menit kemudian.

Selain itu, cara mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat bisa juga melalui kompres air hangat. Yang perlu Anda persiapkan adalah baskom, kain bersih atau waslap dan air hangat.

Untuk mengatasi perut kembung terus menerus, ikuti langkah-langkah dibawah: 

Pertama, tuangkan air hangat ke dalam baskom

Celupkan kain bersih atau waslap, lalu peras kelebihan airnya 

Kompres diatas perut selama 10-15 menit

Suhu hangat ini akan membantu pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga darah pengangkut oksigen dapat mengalir dengan lancar. Disisi lain, otot-otot perut juga terasa lebih rileks dan kendur. Itulah alasan mengapa minum air hangat atau mengompres perus ampuh meredakan sakit perut dan mengeluarkan gas berlebih. 

Makan Timun

Ketika seseorang terlalu banyak makan, biasanya mengalami perut begah yang terasa begitu sesak. Kalau sudah terlanjur begini, Anda bisa mencari timun disekeliling untuk meredakannya. 

Timun dipilih karena didalamnya diperkaya oleh kandungan quercetin. Quercetin sendiri adalah salah satu zat aktif yang memiliki sifat antioksidan. Ia berfungsi untuk mengempeskan perut yang membengkak dan begah. 

Tidak cukup sampai disitu, timun juga mengandung Vitamin C, asam kafeat dan silika yang mampu mencegah retensi cairan pada tubuh. 

Olahraga Ringan

Selain makan timun dan pisang, cara mengatasi perut kembung yang patut dicoba berikutnya adalah melakukan olahraga ringan. Aktivitas fisik dipercaya mampu meredakan rasa tidak nyaman akibat gas yang menumpuk didalam lambung. Anda bisa memulainya dengan berjalan disekitar rumah.

Ketika sedang berjalan, ini membuat otot-otot di perut menjadi lebih rileks dan tidak kaku. Sehingga, tumpukan gas berlebih yang berada di lambung bisa segera dikeluarkan.

Apabila berjalan dirasa kurang efektif, Anda bisa mencoba beberapa gerakan mengatasi perut kembung berikut:

Torso twist

Torso twist adalah salah satu pose yoga yang cocok bagi penderita perut kembung, karena membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan aliran darah. Anda cukup melakukannya selama lima menit.

Silahkan Anda duduk di atas matras sembari menekuk lutut. Setelah itu, angkat kaki ke dada sembari menyeimbangkan tulang ekor. Di bagian tangan, silahkan tekuk siku dan taruh tangan Anda di depan dada, dengan posisi telapak tangan yang saling bersentuhan.

Mulailah memutar tubuh bagian atas ke kiri, kemudian berhenti ketika siku kanan menyentuh lutut kiri. Rotasi tubuh kembali ke bagian tengah dan ulangilah gerakan yang sama ke kanan.

Lakukan gerakan torso twist ini sebanyak 2-3 set.

Cat-cow

Cat-cow adalah pose yoga yang bermanfaat untuk membantu mengatasi perut kembung sekaligus melancarkan pencernaan. Cat-cow akan mendorong gerakan usus sehingga timbunan gas yang ada di perut bisa dikurangi.

Ambil posisi merangkak di atas matras, kemudian dorong tulang belakang Anda ke arah atas sembari membuang napas. Tundukkan kepala dan tahan posisi selama 10 detik. Selanjutnya, gerakkan bagian tubuh ke arah berlawanan.

Lengkungkan punggung Anda ke bawah dan angkat kepala menghadap ke atas. Tahan posisi ini selama 10 detik dan terus ulangi sebanyak 3 kali.

Sphinx pose

Sphinx pose

Selain membantu meregangkan tubuh, gerakan sphinx pose juga bisa meregangkan organ pencernaaan yang sedang bermasalah. Cocok banget dilakukan apabila Anda sedang mengalami perut kembung ataupun masalah pencernaan lain.

Ambil posisi tengkurap di matras, lalu tekuk siku Anda di sebelah dada. Beri tekanan pada matras sampai bagian tulang belakang terangkat. Pertahankan posisi ini 5-7 detik, baru kemudian kembali ke posisi awal.

Lakukan sphinx pose sebanyak 5x supaya sistem pencernaan kembali lancar.   

Makan Semangka

Dibalik rasanya yang manis dan segar, buah semangka ternyata bisa diandalkan untuk membantu meredakan perut begah. Sebab, semangka diperkaya oleh kandungan kalium dan bersifat deuretik. Ini bisa mendorong ginjal membuang urine dan pada akhirnya mengempeskan perut akibat kelebihan cairan atau gas.

Nah, mulai sekarang Anda bisa mengandalkan jus semangka sebagai salah satu minuman untuk perut kembung.

Yoghurt

Apakah Anda sering bertanya ketika perut kembung minum apa? Nah, salah satu jawaban yang tepat adalah yoghurt. Minuman sehat ini diperkaya oleh prebiotik yang berkhasiat untuk meredakan perut begah.

Minum Teh

Perut kembung adalah kondisi adanya penumpukan gas di lambung secara berlebihan. Beberapa bahan alami yang dipercaya ampuh mampu mengeluarkan gas dengan cepat antara lain kembang lawang, peppermint dan jahe. Anda bisa mengkombinasikan ketiga bahan tadi menjadi teh.

Namun, apabila Anda mudah diare sebaiknya menghindari penggunaan kembang lawang. Cukup membuat teh dari peppermint dan jahe.

Teh Hijau

Cara mengatasi perut kembung berikutnya adalah minum teh hijau. Berkat kandungan antioksidan dan katekin didalamnya, teh hijau mampu membuang angin berlebih di dalam perut. Ketika Anda mengalami masalah pada organ pencernaan, disarankan untuk minum teh hijau minimal 1x per hari supaya pencernaan lebih lancar.

Teh Jahe

Teh Jahe

Jika merasa kesulitan menemukan teh hijau, maka Anda bisa menggantinya dengan jahe. Cita rasa sedikit pedas pada jahe dipercaya mampu membantu melepaskan angin dari dalam perut dengan efektif.

Meskipun rasanya sedikit penas, jahe sama sekali tidak berbahaya bagi pencernaan dan pastinya aman buat dikonsumsi. Setelah minum segelas teh jahe, perut terasa lebih baikan dan hangat.

Pepaya

Selama ini buah pepaya dikenal sebagai obat alami untuk membantu melancarkan BAB. Nah, pepaya ternyata juga bisa mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat berkat kandungan antiperadangan didalamnya. 

Ketika merasa perut mulai begah, Anda bisa meredakan kondisinya dengan makan buah pepaya.

Itu tadi adalah berbagai macam cara mengatasi perut kembung secara alami, semoga bermanfaat.