Alami ! Ini 10 Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi

Posted on

Alami ! Ini 10 Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi – Radang amandel adalah penyakit yang biasa terjadi pada anak-anak, dimulai dari usia pra-sekolah sampai dengan pertengahan remaja. Meskipun demikian, penyakit yang juga disebut tonsilitis ini juga bisa menyerang lansia dan orang dewasa. Penyebab radang amandel adalah karena diinfeksi oleh virus dan bakteri.

Ingin tahu bagaimana cara mengobati amandel? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Amandel adalah dua kelenjar getah benih di belakang kanan dan kiri tenggorokan. Fungsinya adalah mencegah tubuh terkena infeksi dan sebagai mekanisme perhatanan. Radang amandel ditandai dengan munculnya rasa sakit di tenggorokan dan membengkaknya amandel.

Cara mengobati amandel bukan hanya dilakukan dengan operasi, namun juga memanfaatkan bahan tradisional dan obat di apotik. Temukan jawabannya dibawah ini.

Berbagai Macam Cara Mengobati Amandel Alami

Madu dan Teh Hangat

Madu dan Teh Hangat

Madu diketahui mengandung senyawa antibakteri kuat untuk membantu mengatasi infeksi yang terjadi pada radang amandel. Disisi lain, minuman hangat seperti halnya teh bisa meredakan nyeri akibat membengkaknya organ amandel. 

Teh adas dan teh jahe adalah dua jenis teh yang diperkaya oleh antiradang dengan kandungan tertinggi. Perpaduan antara madu dan teh hangat bisa menjadi obat amandel alami yang akan menghalau infeksi dan membuat tenggorokan terasa nyaman.

Caranya cukup mencampurkan secangkir teh jahe dan satu sendok teh madu. Aduk-aduk sampai merata, minum secara rutin sampai amandel tidak terasa nyeri. Jangan minum dalam kondisi panas, melainkan hangat.

Air Garam

Ditengah-tengah masyarakat, cara menyembuhkan amandel dengan air garam sudah cukup populer. Apabila radang amandel Anda kambuh, siapkan segelas air hangat, berikan 1/2 sendok teh garam dan aduk sampai larut.

Silahkan gunakan untuk berkumur selama beberapa detik. Pastikan air garam sampai amandel yang meradang, namun jangan sampai tertelan. Jika sudah selesai, berkumurlah dengan air biasa sampai hilang rasa asinnya.

Air hangat berguna untuk melegakan sakit tenggorokan dan garam berperan sebagai antiseptik alami. Ia membantu meredakan peradangan amandel dengan cara membunuh bakteri dan virus.   

Madu dan Perasan Lemon

Bicara tentang peradangan, ada satu bahan alami yang menawarkan khasiat besar. Yaitu buah lemon yang dikenal dengan sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-inflamasi didalamnya. Lemon sangatlah ampuh untuk melawan peradangan dan infeksi.

Lebih menarik lagi, didalam lemon juga terkandung Vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun terhadap infeksi. 

Sebagai obat radang amandel alami, Anda bisa mencampurkan segelas air hangat, 1 sendok teh madu, sedikit garam dan perasan air lemon dari 1 buah. Aduk semua bahan hingga merata, minum secara perlahan.

Minum ramuan tersebut dua kali sehari secara rutin supaya proses penyembuhan lebih cepat.

Kayu Manis

Selama ini, kayu manis lebih dikenal sebagai campuran minuman, kue dan bumbu masakan. Dibalik itu semua, ternyata kayu manis mampu membantu mengurangi peradangan amandel berkat kandungan senyawa antimikroba didalamnya.

Senyawa antimikroba pada kayu manis berfungsi untuk menghambat perkembangan bakteri dan mikroorganisme lain yang menempel di amandel. Sehingga, wajar apabila kayu manis cocok untuk meredakan peradangan, rasa sakit dan pembengkakan amandel.

Cara membuat ramuannya sebagai berikut:

Siapkan segelas air panas

Tambahkan bubuk kayu manis 1 sendok teh

Beri madu 2 sendok teh

Aduk sampai merata dan larut

Selama masih panas, silahkan Anda hirup uap air yang keluar. Begitu suhunya sudah hangat, maka bisa meminumnya. Ramuan ini bisa dikonsumsi 2-3 kali sehari selama 1 minggu.

Bawang Putih

Bawang Putih

Selama ribuan tahun, masyarakat percaya bahwasannya bawang putih adalah obat alami yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Bukan tanpa alasan, karena di dalam bawang putih memang mengandung senyawa antiviral, antibakteri dan antioksidan.

Sehingga, bawang putih mampu melawan virus akibat flu, pilek dan peradangan amandel secara efektif. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat radang amandel alami, Anda bisa memakannya utuh.

Apabila tidak tahan terhadap rasa dan aromanya yang menyengat, berikut cara mengobati amandel dengan bawang putih:

Potong kecil-kecil 2 siung bawang putih

Rebus selama lima menit

Saring air rebusan

Tambahkan madu 1 sendok teh ke dalam air rebusan bawang putih

Campur keduanya, kemudian minum

Menggunakan Humidifier

Humidifier adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengatur kelembapan udara. Ketika amandel mengalami peradangan, Anda bisa menggunakannya supaya kondisi tidak bertambah buruk. Lantas, apa hubungan humidifier dan radang amandel?

Udara kering bisa membuat peradangan amandel yang Anda alami semakin buruk, menyebabkan bibir pecah-pecah dan mengiritasi tenggorokan.

Untuk menyiasatinya, disinilah peran humidifier supaya udara tetap bersahabat dan cocok dengan tenggorokan. Sehingga, Anda merasa lebih nyaman. Humidifier bisa dipakai menurut kebutuhan, khususnya pada saat nyeri amandel terasa intens dan tidak tertahankan.

Apabila tidak memiliki humidifier, maka bisa diganti dengan mandi air hangat.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang diperkaya oleh antiseptik dan anti-inflamasi alami. Wajar apabila kunyit bisa melawan infeksi amandel sekaligus melegakan kembali gejala amandel yang terasa sakit pada saat menelan makanan.

Cara mengobati amandel dengan kunyit bisa dicampur ke dalam susu. Anda hanya perlu membuat segelas susu hangat, kemudian ditambah sejumput lada hitam dan bubuk kunyit 1 sendok teh. Minum ramuan ini selama 2-3 hari terus menerus setiap malam hari.

Jus Jambu Biji

Didalam jambu biji terkandung Vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dipercaya bisa membantu meringankan peradangan amandel secara efektif. Anda cukup minum jus jambu biji secara rutin, minimal 2x sehari.

Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga bisa diandalkan untuk membantu meredakan radang amandel. Ini tidak lepas dari kandungan zat anti-bakteri didalam jeruk lemon yang dipercaya mampu mengusir virus penyebab radang amandel.

Cara mengobati amandel dengan jeruk nipis sangat mudah, yaitu:

Siapkan 1 gelas air hangat

Tambah garam sedikit dan madu 2 sendok teh

Beri perasan jeruk nipis 1 buah

Minum 2 kali per hari selama beberapa hari

Buah Tin (Ara)

Buah Tin (Ara)

Buah lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat amandel alami adalah tin. Pasalnya, buah tin diketahui mengandung lendir mucilage yang besar. Kandungan tersebut berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit akibat peradangan.

Cara penggunaan:

Siapkan 3 buah tin segar atau kering

Rebus dengan air secukupnya

Setelah masak, silahkan ambil buah dan haluskan

Tambah madu asli 1 sendok

Konsumsi 2-3 kali sehari

Lakukan perawatan inis secara terus menerus selama beberapa hari.

Jenis Antibiotik Untuk Amandel

Untuk memberi resep obat amandel yang ampuh dan tepat, dokter perlu memeriksa dahulu penyebab radang amandel yang sedang Anda alami. Apabila disebabkan oleh infeksi bakteri, obat yang tepat adalah antibiotik.

Secara umum, jenis antibiotik yang digunakan untuk mengobati peradangan amandel adalah penisilin. Antibiotik satu ini perlu dikonsumsi dalam kurun waktu 10 hari. Apabila Anda mengalami tanda-tanda alergi, maka dokter bisa merekomendasikan antibiotik untuk radang tenggorokan yang lain sebagai pengganti.

Untuk mencegah komplikasi dan resistensi bakteri, antibiotik harus diminum sampai habis. Salah satu komplikasi akibat salah mengonsumsi antibiotik yaitu penyakit demam rematik. Demam rematik menyebabkan peradangan pada sistem saraf, hati, kulit dan sendi akibat infeksi bakteri.

Itu tadi adalah beberapa cara mengobati amandel alami,

semoga bermanfaat.