10 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Posted on

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dan Obat di Apotik Terampuh

Sakit gigi yang sudah berlangsung selama berhari-hari pastinya harus segera disembuhkan. Sebab, masalah ini membuat kita tidak bisa tidur tenang, nafsu makan menurun dan harus menahan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Cara mengobati sakit gigi bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami atau membeli obat sakit gigi di apotik.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu sakit gigi, seperti abses gigi, gigi berlubang, gusi bengkak dan tumbuh gigi.

Setiap orang biasanya menderita rasa nyeri yang berbeda, mulai dari nyeri ringan sampai parah. Sebagian hilang timbul tidak menentu, ada pula yang rasa sakitnya tidak kunjung sembuh.

Cara mengobati sakit gigi sebenarnya tidak terlampau sulit dan ribet lho. Anda bisa mencoba beberapa metode berikut.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Daun Jambu

Daun Jambu

Pasti belum banyak orang yang tahu apabila daun jambu bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi alami. Pasalnya, di dalam daun jambu terkandung sifat antimikroba, antiradang, sekaligus analgesik (pereda nyeri). Menarik buat dicoba dirumah nih.

Merangkum dari sejumlah penelitian, daun jambu diketahui mampu membantu mengurangi peradangan akibat penyakit periodontitis dan rasa nyeri pada gigi. Dua penelitian berbeda yang dilakukan di Kamerun dan Filipina juga membuktikan keampuhan daun jambu merah dalam mengobati sariawan. 

Cara pemakaiannya mudah, Anda hanya perlu mengunyah 1-2 lembar daun jambu. Terus kunyah hingga airnya keluar. Setelah itu, oleskan sari-sari daun ke bagian gigi yang sakit dengan ludah.

Apabila kurang suka dengan rasa pahit, silahkan rebus 4-5 lembar daun jambu. Saring air rebusan ke dalam gelas, tunggu hingga hangat kuku dan campur sejumput garam. Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur.   

Garam

Garam

Cara mengobati sakit gigi ini kemungkinan sudah diketahui oleh hampir semua orang. Berkumur dengan air garam seringkali menjadi pertolongan pertama ketika rasa nyeri sudah tidak tertahankan. Rasa sakit tersebut bisa diredakan secara efektif, sehingga tidak menyiksa.

Berkumur berguna untuk melepaskan sisa-sisa makanan yang mungkin masih bersarang di sela-sela gigi. Disamping itu, garam memiliki sifat menyerap air sehingga ampuh membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut.

Bakteri hanya dapat berkembang biak di kondisi yang lembap dan asam. Sehingga, ketika kondisi mulut Anda kering maka bakteri tidak dapat bertahan hidup. Inilah alasan mengapa berkumur air garam efektif untuk meredakan bengkak pada gusi dan meringankan rasa sakit gigi.

Siapkan 1 gelas air hangat, beri 1/2 sendok teh garam dan aduk. Gunakan berkumur minimal 2x sehari atau sampai rasa nyeri mereda. Metode yang sudah turun temurun ini dinilai aman untuk ibu hamil. 

Madu

Madu

Madu dengan segala macam kandungan baik didalamnya ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami sakit gigi. Madu diketahui mengandung antibakteri dan antiseptik yang ampuh untuk membantu meringankan rasa nyeri pada gigi.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Saudi Dental Journal melaporkan, madu bisa membantu mencegah radang gusi dan gigi berlubang,

Cara mengobati sakit gigi dengan madu bisa dilakukan sangat mudah. Siapkan dahulu segelas air hangat, kemudian masukkan 1 sendok madu ke dalamnya. Aduk-aduk sampai merata. Gunakan air madu ini sebagai obat kumur, lakukan selama 30 detik. Buang air kumur tadi dan minum air putih.

Bawang Putih

Bawang Putih

Selain garam, obat alami sakit gigi yang sudah dikenal sejak nenek moyang dahulu adalah bawang putih. Bumbu dapur ini akan membasmi bakteri penyebab infeksi gigi, sehingga ampuh untuk meredakan rasa nyeri.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunyah bawang putih mentah di sisi mulut yang giginya terasa nyeri. Kunyah selama beberapa menit agar khasiatnya lebih efektif. Jika kurang suka dengan metode ini, Anda bisa mengiris tipis bawang putih dan menggingit irisan tadi di area gigi yang terasa sakit.

Mengoleskan bawang putih yang dihaluskan ke bagian gigi ngilu juga boleh.   

Cuka Apel

Cuka Apel

Untuk sebagian orang, asinnya air garam sangatlah mengganggu dan kurang nyaman saja jika dipakai untuk berkumur. Jika memang Anda adalah salah satunya, maka bisa menggunakan alternatif berupa cuka apel.

Di dalam cuka apel terkandung sifat antimikroba dan antibakteri yang akan membasmi kuman penyebab sakit gigi secara ampuh dan efektif. Kendati demikian, Anda tidak dianjurkan berkumur menggunakan cuka murni.

Sebab, lapisan enemel gigi bisa rusak ketika terpapar langsung asam dari cuka. Anda perlu menyiapkan segelas air hangat dan melarutkan 1/2 sendoh teh cuka kedalamnya. Gunakan berkumur dan tahan di area yang sakit selama 30 detik. Selanjutnya segera buang.

Masih kurang suka dengan rasa masam cuka? Teteskan cuka ke kapas dan tempelkan di bagian gigi yang sakit. Lalu berkumur sebelum sikat gigi seperti biasa. 

Cengkeh

Cengkeh

Menurut laporan yang ditulis oleh Journal of Dentistry, cengkeh mengandung senyawa eugnol yang bisa membantu menyembuhkan rasa sakit secara alami. Selain itu, cengkeh juga bisa membantu membunuh bakteri pada gigi dan meredakan peradagannya.

Ada dua cara mengobati sakit gigi secara alami menggunakan cengkeh yang bisa dicoba. Pertama, menyelupkan kapas ke dalam minyak cengkeh, lalu menempelkannya di bagian gigi sakit. Kedua, menggigit batang cengkeh utuh selama beberapa saat ke area gigi yang terasa sakit.

Namun, waspadah dengan risiko sesak napas, iritasi dan pendaharan ketika menggunakan cengkeh. Pastikan cengkeh tidak menetes ke gusi atau lidah yang sensitif, karena mudah membuat Anda muntah dan sakit tenggorokan.

Akar Manis (Licorice)

Akar Manis (Licorice)

American Chemical Society’s Journal of Natural Products melakukan penelitian pada akar manis. Kemudian menemukan fakta menarik, bahwasannya akar manis mempunyai manfaat terhadap kesehatan gigi.

Pasalnya, akar manis mengandung Licorisoflavan A dan licoricidin. Kedua kandungan tersebut adalah antibakteri yang berfungsi mencegah perkembangbiakan bakteri pemicu gigi berlubang.

Cara mengobati sakit gigi dengan akar manis pastinya tidak sulit. Tinggal menyikat gigi menggunakan bubuk akar manis. Bisa juga menyikat gigi dengan batangnya yang lembut.

Kunyit

Kunyit

Bumbu dapur lain yang tidak kalah ampuh untuk membantu meredakan peradangan dan membersihkan bakteri penyebab infeksi gusi adalah kunyit. Keampuhan kunyit ini tidak lepas dari senyawa curcumin didalamnya.

Untuk mengobati gigi nyeri dan menjaga kesehatan mulut, ada dua pilihan yang bisa dicoba. Pertama, campurkan baking soda, minyak kelapa dan parutan kunyit dengan takaran sama. Setelah semua bahan tercampur rata dan membentuk pasta, gunakan setiap ingin menggosok gigi.

Kedua, parut setengah ruas kunyit kemudian letakkan di bagian yang sakit. Biarkan selama beberapa menit.

Obat Sakit Gigi di Apotik Paling Ampuh

Untuk membantu mengatasi sakit gigi yang menyiksa, Anda juga bisa membeli obat-obatan di apotik. Konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter, supaya obat yang diminum aman dan tidak menimbulkan efek samping membahayakan.

Inilah daftar obat sakit gigi paling ampuh dan bisa dengan mudah ditemukan di apotik:

Naproxen

Hidrogen peroksida 3%

Paracetamol

Ibuprofen

Acetaminophen

Dekongestan

Benzocaine

Demikianlah pembahasan menarik tentang cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami dan obat di apotik

Selamat mencoba dan Semoga berhasil.