12 Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Yang Membandel

Posted on

12 Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Yang Membandel – Batuk adalah kondisi yang biasa menyertai pilek dan sudah umum dialami oleh semua usia. Baik itu anak-anak maupun dewasa, begitupun orang tua. Sebenarnya ada banyak pilihan untuk mengatasi batuk yang membandel, yaitu bisa membeli obat di apotik ataupun menggunakan bahan-bahan alami. Jika belum tahu, mari disimak beberapa cara mengobati batuk berdahak dan kering dibawah ini.

Meskipun bukan penyakit kronis dan berbahaya, batuk yang tak kunjung sembuh pastinya sangat mengganggu. Batuk menyebabkan rasa gatal di tenggorokan dan bahkan mengganggu tidur di malam hari.

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Kering

Sebelum membeli obat batuk nonresep di supermarket dan apotik, Anda bisa meredakan batuk akibat flu dan pilek menggunakan bahan tradisional. Selain mudah ditemukan disekitar, obat tradisional juga memberikan khasiat yang nyata.

Beberapa bahan alami itu adalah sebagai berikut:

Madu

Madu

Sudah sejak dahulu, madu dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat alami untuk beragam penyakit, salah satunya batuk.

Menurut jurnal Canadian Family Physician, sebuah penelitian membuktikan apabila kandungan didalam madu mampu menyembuhkan batuk secara efektif ketika dikonsumsi secara rutin.

Madu diketahui mengandung zat analgesik yang bermanfaat untuk menghentikan infeksi pada penyekait pemicu batuk berdahak dan batuk kering.

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, Anda bisa mencampurkan madu ke dalam teh herbal atau susu kemudian ditambah perasan lemon. Selain itu, bisa juga meminum madu langsung pada saat kondisi perut kosong. Tidak perlu banyak-banyak, satu sendok teh madu cukup.

Air Garam

Obat batuk alami yang kedua adalah air garam. Pasti belum banyak orang yang mengetahuinya bukan? Padahal, berkumur menggunakan air garam hangat mampu mencegah perkembangan bakteri di tenggorokan yang menyebabkan infeksi dan membuat kondisi batuk semakin parah.

Tidak hanya itu, ia juga berkhasiat untuk mengencerkan dahak di bagian belakang tenggorokan yang menggumpal. Sehingga, batuk yang Anda alami segera reda.

Inilah cara membuat obat batuk berdahak dengan larutan garam:

Siapkan 250 ml air hangat

Tambahkan 1/4 – 1/2 sendok teh garam

Aduk sampai larut

Gunakan untuk berkumur 3-4x sehari

Selain untuk orang dewasa, larutan garam juga bisa dijadikan obat batuk untuk anak. Namun, Anda harus memberitahu mereka cara berkumur dengan benar dan jangan sampai larutan tersebut tertelan. 

Lemon

Sebagai obat batuk tradisional, lemon berkhasiat untuk mengurangi radang pada tenggorokan, sekaligus memberikan asupan Vitamin C kepada tubuh. Ini tentu sangatlah membantu meredakan batuk, karena Vitamin C berperan untuk memperkuat sistem imun tubuh dalam memerangi infeksi kuman. Termasuk infeksi pada saluran napas yang menyebabkan batuk.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh perasan lemon. Minumlah dua kali sehari secara rutin, takaran ini untuk orang dewasa.

Sementara itu, untuk mengobati batuk anak dosisnya berbeda. Berikan buah hati Anda 1 sendok teh jus lemon setiap 3 jam sekali. Jangan lupa mengimbangi dengan air hangat, karena lemon dapat melukai tenggorokan anak yang sakit akibat batuk.

Jahe

Sesuai penjelasan dari National Institute of Health, didalam jahe terkandung antivirus dan antibakteri sehingga mampu meningkatkan sistem imun untuk memerangi infeksi pada saluran pernapasan. Selain itu, kandungan tadi sekaligus bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri dan virus baru.

Tidak berhenti sampai disitu, jahe mengandung zat analgesik yang bisa memberikan efek menghangatkan tubuh dan membantu mengencerkan dahak.

Cara mengobati batuk dengan jahe adalah mencampurkannya ke dalam teh atau air hangat. Sangat

simpel dan mudah bukan?

Nanas

Nanas

Untuk meredakan batuk berdahak secara alami, Anda bisa memanfaatkan buah nanas. Nanas diketahui mengandung enzim bromelain yang terdiri dari enzim protease dan proteolytic dengan sifat antiinflamasi. Sehingga, mampu memecahkan dahak yang menggumpal pada paru-paru dan tenggorokan.

Anda hanya perlu minum jus nanas sebanyak 3x sehari atau makan 60 gram buah nanas dalam sehari. Konsumsi secara rutin sampai batuk berangsur membaik. 

Kunyit

Anda sudah kesal dengan batuk yang tak kunjung sembuh, khususnya batuk kering? Kalau begitu, bisa mencoba mengatasinya dengan kunyit. Kunyit mengandung curcumin yang bersifat antiradang. Senyawa ini mampu memberikan khasiat yang sama seperti obat-obatan dengan kandungan zat antiradang.

Fungsi utama sifat antiradang pada kunyit adalah memerangi partikel asing pemicu infeksi di dalam saluran pernapasan.

Cara mengobati batuk dengan kunyit sangatlah mudah, yaitu menghancurkannya menjadi bubuk halus lalu mencampurkan ke segelas susu panas. Minum secara rutin dan rasakan sendiri perbedaannya.

Sari Cuka Apel

Salah satu kandungan didalam cuka apel adalah asam asetik yang memiliki sifat antibakteri. Zat antibakteri inilah yang akan memecah gumpalan lendir sekaligus membunuh bakteri-bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan.

Untuk menjadikan cuka apel sebagai obat batuk berdahak alami, silahkan campur cuka sari apel (1-2 sendok) dan air (1 gelas). Gunakan untuk berkumur dan langsung meminumnya. Sebelum melakukan metode ini, perbanyak minum air putih terlebih dahulu.

Daun Mint

Selama ini daun mint terkenal dengan sifat penyembuhannya yang baik. Daun mint mengandung menthol yang akan berperan sebagai dekongestan dan untuk menenangkan tenggorokan. Dekongestan sendiri bermanfaat untuk membantu mengencerkan lendir.

Cara mengobati batuk secara alami dengan daun mint adalah menghirup uap panasnya atau meminum teh mint.

Obat Batuk Berdahak dan Kering Untuk Dewasa

Selain menggunakan bahan-bahan tradisional, Anda bisa juga membeli obat batuk di apotik dan supermarket. Dari sekian banyak merek yang dijual, berikut beberapa rekomendasi terbaiknya.

Allerin Expectorant Syrup

Obat batuk pertama yang ampuh adalah Allerin Expectorant, karena mengandung beberapa kandungan bahan aktif. Seperti natrium citrate, glyceryl guaiacolate, pseudoephedrine, dan diphenhydramine.

Allerin Expectoran mampu berperan sebagai antitusif, ekspektoran, dekongestan hidung, sekaligus antihistamin. Berbagai jenis batuk bisa diatasi secara efektif, mulai dari batuk berdahak, iritasi, sampai batuk spasmodik (batuk yang tiba-tiba susah dihentikan).  

Bisolvon Tablet

Bisolvon Tablet adalah obat batuk yang memiliki kandungan bahan aktif berupa bromhexine HCI. Ini merupakan agen mukolitik yang berfungsi untuk menipiskan dan mengencerkan dahak. Setiap tabletnya mengandung bromhexine HCI sebesar 8 mg.

Nah, apabila Anda sekarang sedang dipungsingkan dengan masalah batuk berdahak, tidak ada salahnya mencoba minum Bisolvon Tablet.

OBH Combi Batuk Berdahak

OBH Combi Batuk Berdahak

Bicara soal obat batuk berdahak paling ampuh, maka produk dari OBH satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Di dalam OBH Combi Batuk Berdahak terkandung 2% alkohol, peppermint oil, menthol crystal, ammonium liquid, anise oil, ammonium chloride, dan Succus Liquiritae extract.

Selain meredakan batuh berdahak, OBH Combi juga bermanfaat untuk meredakan gejala flu lain seperti demam, hidung tersumbat, bersin dan sakit kepala. Komplit banget bukan?

Actifed Plus Cough Suppressant

Nah, apabila Anda sedang mencari obat batuk kering dan gatal untuk dewasa, maka salah satu rekomendasi terbaiknya adalah Actifed Merah. Obat ini mengandung bahan aktif seperti pseudoephedrine, triprolidine dan dextromethorphan Hbr.

Kandungan dextromethorphan Hbr pada Actifed Plus Cough Suppressant berfungsi untuk menekan batuk dari bersumber dari otak. Cocok untuk meredakan batuk kering yang disertai beberapa gejala flu lainnya.

Itu tadi adalah cara mengobati batuk berdahak dan kering yang ampuh.

semoga bermanfaat.