12 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Posted on

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh memiliki jumlah yang sangat banyak, mulai dari mengontrol gula darah, meningkatkan imun, sampai menjaga kesehatan jantung. Hal ini pastinya tidak lepas dari beraneka macam kandungan nutrisi di dalam jeruk nipis. Dibalik ukuran yang kecil dan rasa masamnya, kita bisa memperoleh ragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Jeruk nipis bukanlah buah yang bisa dimakan langsung, melainkan dicampurkan ke dalam makanan. Seperti pada mie kocok dan kuah soto. Selain itu, jeruk nipis juga biasa dipakai untuk mengusir bau amis ikan sebelum diolah.

Namun siapa sangka, ternyata ada banyak manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh yang luar biasa. Simak pembahasan selengkapnya dibawah.

Ragam Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Sifat asam yang terkandung di dalam air jeruk nipis berguna untuk meningkatkan kemampuan air liur (salvia) untuk memecah makanan. Tidak hanya itu, air jeruk nipis diketahui juga mengandung flavonoid yang bisa membantu meningkatkan pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Ketika mengalami sembelit, sifat asam pada jeruk nipis mampu merangsang pergerakan usus. Sehinga, sampah-sampah makanan yang berada di dalam perut lebih mudah terdorong ke bawah. Kabar baiknya, air perasan jeruk pecel ini sekaligus membantu Anda lebih lancar mengeluarkan feses.

Meremajakan Kulit

Meremajakan Kulit

Untuk memperbaiki penampilan kulit, sebenarnya Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Salah satu solusi hemat dan murahnya adalah mengambil manfaat jeruk nipis. Ini bisa menjadi pilihan alternatif dari sejumlah produk perawatan kulit yang dijual dipasaran dan menyatakan bisa menyehatkan kulit wajah dan membutnya terlihat lebih muda.

Kemampuan jeruk nipis dalam merawat kulit tidak lepas dari kandungan flavonoid dan Vitamin C, antioksidan yang berkhasiat untuk memperkuat kolagen. Oleh karena itu, salah satu manfaat minum air jeruk nipis adalah membantu meremajakan dan menghidrasi kulit.

Penting diingat, sebaiknya Anda tidak mengoleskan air perasan jeruk nipis pada kulit secara langsung. Sebab, ketika terpapar sinar matahari kulit yang diolesi air jeruk nipis bisa mengalami phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah suatu kondisi ketika bahan kimia di dalam jenis tanaman tertentu menyebabkan kulit mengalami peradangan atau terbakar ketika terpapar sinar matahari. Sehingga, bagian kulit tersebut terasa gatal, panas dan terlihat kemerahan.

Cocok Untuk Diet

Cocok Untuk Diet

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan berikutnya adalah membantu program menurunkan berat badan Anda. Jeruk nipis diketahui mengandung asam sitrat yang berguna untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga, kalori akan terbakar dan lemak yang tersimpan lebih sedikit.

Selain itu, jeruk nipis juga diperkaya kandungan Vitamin C yang mampu berperan aktif untuk membakar lemak di dalam tubuh. Apabila Anda sekarang sedang berupaya menurunkan berat badan, maka bisa memasukkan jeruk nipis ke dalam menu harian.

Pastinya harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga minimal 30 menit per hari dan menjauhi makanan sumber lemak.

Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan dan Vitamin C di dalam jeruk nipis berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadilebih baik. Sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit, seperti pilek, flu dan lain-lain.

Selain itu, vitamin C jeruk nipis juga bisa membantu meningkatkan produksi sel-sel sehat untuk memusnahkan mikroba penyebab penyakit. Sehingga, ketika Anda sakit dan mengonsumsi jeruk nipis, maka waktu sembuhnya semakin cepat.

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ini membuatnya sangat direkomendasikan dikonsumsi agar tidak mudah sakit. Kandungan Vitamin C yang dimiliki oleh 1 buah jeruk nipis sebesar 20 gram. Yaitu setara dengan 30% dari total kebutuhan rata-rata setiap orang dalam sehari.

Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Jeruk nipis selama ini mungkin lebih dikenal sebagai sumber Vitamin C saja. Padahal, kandungan kalium dan magnesium didalamnya tidak kalah berlimpah lho. Ke-dua kandungan tadi membuatnya sangat bagus untuk menjaga organ jantung tetap sehat.

Kalium di dalam jeruk nipis secara alami akan membantu menurunkan tekanan darah, sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Sehingga, risiko terkena stroke dan serangan jantung bisa dicegah secara efektif.

Menurut laporan dari sebuah penelitian yang sedang berlangsung, menyatakan apabila jeruk nipis mengandung senyawa bernama limonin dan kemungkinan bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, sumber Vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis berkhasiat untuk menjaga kadar gula didalam darah agar tetap terkendali. Sehingga tubuh tetap sehat dan tidak khawatir mengalami kondisi yang lebih parah.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap penderita diabetes untuk menjaga kadar gula tetap normal. Sebab, insulin yang mereka miliki bekerja kurang optimal dalam menurunkan gula darah.

Jeruk nipis mengandung kadar gula yang relatif rendah, sehingga penyerapan gula ke darah bisa dikurangi. Pada akhirnya, kadar gula darah lebih terjaga dengan baik.

Mencegah Batu Ginjal

Mencegah Batu Ginjal

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 silam, membuktikan bahwasannya produksi urine sitrat di dalam tubuh meningkat dengan rutin minum 120 cc jus jeruk per hari.

Urine sitrat adalah sebuah zat yang berguna untuk mengikat air, sehingga air kencing yang dihasilkan tidak pekat dan jumlahnya lebih banyak. Kondisi ini membuat risiko pembentukan batu ginjal menurun secara efektif.

Mencegah Scurvy

Mencegah Scurvy

Scurvy adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan asupan Vitamin C. Sehingga mengakibatkan pembengkakan gusi disertai pendarahan, nyeri sendi hebat dan pembengkakan pada luka yang sedang proses penyembuhan.

Sebagai sumber Vitamin C, jeruk nipis bisa membantu mencegah terkena penyakit scurvy secara efektif.

Membuat Pikiran Lebih Fresh

Dengan berbagai macam aktivitas sehari-hari yang menguras pikiran, seringkali kita merasa penat dan stress. Untuk menemani kelelahan Anda, coba deh minum satu gelas air yang dicampur dengan jeruk nipis.

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ini pastinya menarik buat dicoba. Jeruk nipis memiliki banyak kandungan nutrisi baik yang memberikan efek penyegaran. Ia mampu memulihkan kondisi psikis Anda secara optimal.

Sehingga, Anda bisa kembali beraktivitas dengan kondisi pikiran fresh dan lebih bersemangat.

Mencegah Penyakit Kanker

Buah-buahan yang merupakan kelompok citrus, seperti lemon, jeruk dan jeruk nipis dipercaya mampu mencegah risiko terkena penyakit kanker. Hal ini berkat kandungan flavonoids didalamnya, yaitu sebuah antioksidan untuk menghambat ekspresi gen pemicu perkembangan kanker.

Memperkuat Sendi

Memperkuat Sendi

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otot dan sendi mulai menurun. Nah, Anda bisa memperkuatnya kembali dengan rutin mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Kandungan antioksidan dan Vitamin C didalmnya bekerja sama untuk menjaganya tetap fleksibel.

Sebagai bonus, nutrisi-nutrisi didalam jeruk nipis mampu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Menjaga pH Tubuh Tetap Seimbang

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang terakhir adalah membantu menyeimbangkan pH di dalam tubuh. pH adalah keseimbangan diantara asam dan basa yang menjadi faktor penentu kesehatan tubuh. Apakah tubuh sakit atau sehat ditentukan oleh pH itu sendiri.

Ketika pH di dalam tubuh tidak seimbang, maka kemungkinan besar Anda jatuh sakit. Jeruk nipis lewat kandungannya akan membantu tubuh memiliki kadar pH yang seimbang dan membuat kondisi kita tetap fit.

Demikianlah pembahasan mengenai ragam manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.