13 Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Posted on

13 Cara Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat – Tensi darah yang meningkat secara drastis hingga melebihi angka 130/80 mmHG perlu diwaspadai. Sebab, apabila dibiarkan terus berlanjut maka bisa memicu penyakit lain seperti gagal ginjal, stroke dan jantung koroner. Selain mengonsumsi obat-obatan di apotik atau pemberian dokter, ada pula serangkaian cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat.

Hipertensi bisa menyerang semua usia, bukan hanya orang tua melainkan juga remaja di usia muda. Pola hidup tidak sehat, makanan sehari-hari yang sembarangan dan stress berlebih merupakan beberapa penyebab darah tinggi paling umum.

Bicara soal cara menurunkan darah tinggi tanpa obat, maka tidak lepas dari mentimun, bawang putih, buah-buahan dan lain sebagainya. Daripada penasaran, langsung disimak informasi berikut.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Makan Mentimun

Mentimun

Penting untuk Anda pahami, bahwasannya tekanan darah di dalam tubuh menjadi berlebih ketika seseorang hanya mendapat terlalu sedikit asupan kalium dan terlalu banyak asupan garam (natrium). Tingginya kadar garam membuat tubuh mengikat banyak air dan menmbuat volume darah meningkat. 

Nah, disinilah mentimun memiliki peran yang penting untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung banyak kalium. Kalium adalah elektrolit yang akan membantu mengontrol kadar kalium yang ditahan ginjal.

Secara sederhana, kalium bertanggung jawab terhadap pengendalian tekanan darah di dalam tubuh. Disamping itu, mentimun juga diperkaya kalium, antioksidan dan Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengurangi tekanna darah.

Membatasi Asupan Garam

Sesuai penjelasan sebelumnya, natrium yang berlebih menjadi faktor utama mengapa tekanan darah melebihi angka normal. Natrium sendiri banyak terkandung di dalam garam, mulai dari makanan kaleng, minuman ringan, camilan ataupun masakan.

Oleh sebab itu, para penderita hipertensi dianjurkan untuk menjalani program diet rendah garam atau mengurangi konsumsi setiap makanan yang mengandung garam. Dalam sehari, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi 1500-2000 mg.

Mengkonsumsi Buah Beri

Buah Beri

Buah beri diketahui mengandung senyawa alami yang dikenal dengan sebutan flavonoid. Kandungan tersebut banyak ditemukan khususnya pada blueberry. Ini berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mencegah hipertensi kambuh dikemudian hari.

Apabila Anda sedang mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat, maka tinggal menambahkan stroberi, raspberry dan blueberry ke dalam menu harian.

Semisal, mengombinasikan stroberi dengan granola atau sereal untuk sarapan di pagi hari. Menjadikannya sebagai hidangan penutup yang menyehatkan dan lezat juga cocok, tinggal menyantap buah berry dalam keadaan dingin. 

Menghindari Stres

Selain asupan natrium berlebih, penyebab tensi darah menjadi tinggi lainnya adalah stres yang terlalu sering dan berkepanjangan. Apabila Anda ingin tekanan darah tetap terkendali maupun menurunkannya, maka perlu mengelola stres.

Mengendalikan stres sebenarnya mudah sekali, mulai dari melakukan hobi, meditasi, yoga dan relaksasi. Jangan lupa untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu stres berlebih. Sebagai contoh, terlalu banyak bekerja dan mengerjakan tugas sampai larut malam sehingga memperbanyak pikiran Anda.

Telur

Telur bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi sehari-hari. Khasiat ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi terbaru yang dimuat pada American Chemical Society.

Mengutip informasi dari MensHealth.com, ketika tikus yang memiliki tekanan darah tinggi diberikan protein pada putih telur, hasilnya adalah tekanan darah mengalami penurunan yang setara dengan . 

Dosis rendah Captopril (obat penurun darah tinggi).

Meskipun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, menambahkan telur ke dalam menu makan sehari-hari tidak ada salahnya.

Pisang

Pisang termasuk ke dalam buah menurunkan darah tinggi karena diperkaya oleh kandungan kalium. Satu buah pisang diketahui mengandung kalium sebesar 420 miligram. Itu sebanding dengan 11% dari konsumsi kalium harian sebanyak 4.700 mg yang dianjurkan oleh American Heart Association.

Sayuran Hijau

Menurut penjelasan Harvard Medical School, ada banyak sayuran hijau yang mengandung mineral utama untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Seperti collard, bayam dan kubis. Adapun mineral utama yang dimaksud berupa magnesium dan kalium.

Memperbanyak asupan kalium berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan natrium secara lebih efektif. Sebaliknya, kandungan magnesium pada sayuran hijau akan membuat aliran darah yang sehat meningkat.

Yoghurt dan Susu Skim

Susu skim mengandung rendah lemak dan sumber kalsium yang bagus. Kedua kandungan ini menjadi elemen penting untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Apabila Anda tidak menyukai susu skim, maka bisa beralih ke yoghurt.

Menurut sebuah penelitian di American Heart Association, wanita yang minum 5 porsi yoghurt atau lebih dalam kurun waktu seminggu, mampu menurunkan risiko mengalami tekanan darah tinggi sebesar 20%.

Buah Bit

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat berikutnya adalah mengonsumsi buah bit secara rutin. Buah bit baik untuk penderita hipertensi karena mengandung nitric oxide yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu membuka pembulu darah.

Menurut jurnal American Heart Association Hypertension, sebuah penelitian membuktikan minum jus buah bit sebanyak 8 ons mampu menurunkan darah penderita hipertensi sekitar 10 mmHg. Bagaimana, kedengarannya menarik bukan?

Memakan Wortel 

Wortel 

Wortel adalah sayuran yang rasanya segar, manis dan renyah, sehingga disukai oleh banyak orang. Apabila Anda juga suka wortel, maka itu bagus untuk membantu mengontrol tensi darah agar tetap normal.

Wortel diketahui mengandung senyawa fenolik, seperti asam caffeic dan klorogenik yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendurkan pembuluh darah. Sehingga, kondisi tekanan darah tinggi bisa dicegah supaya tidak semakin buruk dan kembali normal.

Menurut Journal of Human Hypertension, sebaiknya memakan wortel dalam kondisi segar, bersih dan mentah. Ini bertujuan untuk mendapatkan manfaat wortel yang lebih optimal. Bukan sekedar anjuran biasa, melainkan sudah dibuktikan secara langsung pada 2.195 orang yang berusia 40-59 tahun.

Makan wortel segar dan mentah berkaitan erat dengan tekanan darah lebih rendah.

Bawang Putih

Mungkin Anda sudah sering mendengar cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan bawang putih. Hal itu tidak mengherankan, karena sudah sejak dahulu bawang putih dimanfaatkan oleh penderita hipertensi untuk membantu kondisinya agar lebih baik dan tidak semakin buruk.

Bawang putih diketahui mengandung alicin yang bagus untuk penderita hipertensi. Menurut sebuah penelitian, makan bawang putih bisa membantu pembuluh darah menjadi besar, sehingga merubah tekanan darah. 

Oatmeal

Untuk menjaga tekanan darah dalam ambang batas normal, Anda bisa mengonsumsi oatmeal yang menganduh sejumlah serat baik dan biji-bijian. Sebuah penelitian sudah membuktikan, apabila makan oatmeal bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu, serat pada oatmeal bisa membantu mencegah obesitas dan menjaga berat badan ideal. Seperti yang diketahui, obesitas adalah penyebab munculnya tekanan darah tinggi. 

Memakan Buah Semangka

Semangka

Sejumlah penelitian membuktikan bahawasanya asam amino sitrulin yang terkandung didalam semangka bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Sementara itu, penelitian lain menyebutkan apabila seseorang yang minum ekstrak semangka mengalami penurunan tensi darah, khususnya di bagian arteri lengan dan pergelangan kaki.

Itu tadi adalah berbagai macam cara menurunkan darah tinggi tanpa obat. Silahkan Anda praktekkan dan semoga tensi darah kembali normal.