13 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Posted on

Manfaat madu bagi kesehatan diperoleh dari beraneka macam kandungan nutrisi baik didalamnya. Selain mengandung gula yang membuat citarasanya manis, madu diketahui menyimpan banyak sekali senyawa aktif. Mulai dari Vitamin K, Vitamin E (tocopherol), Vitamin A (retinol), Vitamin C, Vitamin B Kompleks, flavonoid, karotenoid dan bahkan asam fenolik. Bagaimana, lengkap banget bukan?

Waktu yang baik untuk minum madu adalah sebelum tidur malam dan sarapan di pagi hari. Keduanya berhubungan dengan metabolisme tubuh. Sebagai contoh minum madu sebelum sarapan, kondisi perut kosong memungkinkan kita menyerap nutrisi madu lebih maksimal.

Nah, daripada Anda semakin penasaran dengan manfaat madu bagi kesehatan tubuh, langsung saja disimak uraiannya berikut.

Aneka Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu nutrisi yang ada di dalam madu adalah senyawa fitonutrien. Kandungan ini berguna untuk membantu memperkuat sel-sel imun di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi madu secara rutin, maka risiko terkena penyakit infeksi semakin kecil. Khasiatnya semakin besar karena didukung oleh kandungan antijamur dan antibakteri pada madu.

Oleh sebab itu, madu sangat baik dikonsumsi secara rutin selama masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Imun Anda dan keluarga menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah tertular virus.

Menangkal Radikal Bebas

Menangkal

Masih ada kaitannya dengan poin pertama, sejumlah vitamin dan senyawa fitonutrien pada madu adalah sumber antioksidan alami yang berkhasiat untuk memerangi radikal bebas berlebih di dalam tubuh. Khasiat madu ini sangatlah penting untuk mencegah kerusakan jaringan dan sel-sel tubuh akibat aktivitas oksidasi.

Sehingga tidak heran apabila madu seringkali dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencegah dan meredakan peradangan, memperkuat sel imun tubuh, mencegah diabetes, reaksi alergi, kanker hingga serangan jantung. 

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menurut sejumlah penelitian, madu diketahui juga termasuk prebiotik. Sehingga salah satu manfaat madu bagi kesehatan adalah mendukung perkembangan bakteri baik yang ada di dalam usus. Nah, apabila Anda menginginkan sistem pencernaan yang sehat dan bebas dari gangguan, rutin minum madu bisa menjadi salah satu jawabannya.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu adalah bahan alami yang sudah terbukti ampuh dan efektif untuk membantu proses penyembuhan luka agar lebih cepat. Solusi yang wajib dicoba apabila Anda merasa luka di salah satu bagian tubuh sulit sembuh. Fakta ini didukung oleh banyak sekali penelitian, sehingga bukan omong kosong belaka.

Cara kerja madu dimulai dengan menyingkirkan jaringan-jaringan yang mati, kemudian membunuh semua bakteri yang ada di luka. Terakhir, mendukung pembentukan kulit baru sebagai penutup luka.

Adapun beberapa jenis luka yang bisa disembuhkan dengan khasiat madu adalah luka diabetes, lecet dan luka bakar. Penting diingat, pastikan Anda hanya menggunakan madu yang terjamin steril.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, senyawa fitonutrien pada madu juga dipercaya mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini dilakukan dengan mencegah terbentuknya aterosklerosis dan melancarkan aliran darah. Dikalangan masyarakat, manfaat madu untuk kesehatan jantung sudah cukup familiar.

Sejumlah penelitian juga sudah membuktikan apabila madu bisa membantu menurunkan tekanan darah, lemak dan kadar kolesterol. 

Meredakan Batuk

Meredakan Batuk

Berkat rasanya yang manis, madu bisa meningkatkan produksi air liur untuk mengatasi tenggorokan kering dan membuatnya lebih lembab. Sehingga, mengurangi keinginan batuk dan meredakan rasa gatal di tenggorokan.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung berbagai macam antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan penyebab batuk. Sejumlah penelitian sudah membuktikan sendiri manfaat madu bagi kesehatan ini.

Khasiat madu untuk mengobati batuk bahkan tidak kalah ampuh dari obat medi yang seringkali diresepkan oleh dokter. Baik itu batuk pada orang dewasa maupun anak-anak (berusia lebih dari 2 tahun).

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengurangi konsumsi gula sudah menjadi suatu keharusan. Apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, maka kadar gula dalam darah melonjak dengan cepat dan memicu gejala penyakit lebih parah.

Sebagai pengganti gula, Anda bisa memanfaatkan rasa manis madu. Madu diketahui mempunyai angka indeks glikemik rendah, sehingga aman bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Minum segelas teh dengan madu tanpa gula juga lezat kok. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain penderita diabetes, madu juga cocok dikonsumsi sebagai pemanis pengganti gula apabila Anda sekarang sedang menjalankan program diet. Madu berkhasiat untuk memberi energi sehingga tidak mudah merasa lapar, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk memperoleh hasil yang bagus, Anda bisa coba menggunakan ramuan ini. Yaitu mencampurkan air mendidih dan setengah sendok teh kayu manis selama 10 menit. Kemudian beri madu mentah sebanyak 1 sendok teh dan bisa langsung diminum.

Menjaga Kesegaran dan Kesehatan Mulut

Menjaga Kesegaran dan Kesehatan Mulut

Apabila Anda mengalami bau mulut, coba deh mencampurkan 1 sendok teh lemon dan madu mentah ke dalam 1/4 gelas air putih. Gunakan untuk berkumur selama tiga menit dan buang. Masalah bau mulut pasti segera hilang.

Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Selain merusak sel-sel tubuh, adanya radikal bebas juga bisa memicu penuaan pada kulit. Madu menawarkan kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal bahaya radikal bebas dan berbagai macam gangguan yang diakibatkan radikal bebas itu sendiri, termasuk penuaan dini.

Kandungan antioksidan pada madu bisa dilihat dari warnanya, semakin gelap maka kandungan antioksidan semakin besar.

Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat

Pada tahun 2016 lalu, sebuah penelitian membuktikan keampuhan madu untuk membantu mengatasi jerawat. Secara dermatologi, madu mengandung sifat antibakteri dan mampu mencegah perkembangan mikroba pengganggu.

Seperti Propionibacterium acnes yang menjadi pemicu munculnya jerawat, serta mikroba tipe Staphylococcus aereus yang menyebabkan dermatitis atopik dan sejumlah infeksi kulit lainnya.

Selain itu, madu masih mengandung sifat antibakteri yang mampu mencegah jerawat dan antiinflamasi untuk meredakan peradangan akibat jerawat. 

Untuk mendapatkan manfaat madu ini, Anda perlu mencampur kayu manis murni dan madu mentah. Oleskan sebagai masker, tunggu selama 8-10 menit. Bilas dengan air suam kuku sampai wajah bersih, lalu keringkan.

Menjaga pH Kulit

Menjaga pH Kulit

Manfaat madu bagi kecantikan selanjutnya adalah mengontrol pH kulit agar tidak berlebih, sekaligus mencegah beraneka macam infeksi. Madu mengandung pH yang rendah sehingga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghambat pertumbuhan patogen. 

Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit

Mengutip laman Women’s Health, Ildi Pekar, salah seorang celibrity facialist menjelaskan, madu mentah memberikan efek menyejukkan kepada kulit. Ketika diaplikasikan, madu berkhasiat untuk membantu kulit tetap lembap, membuatnya terlihat lebih bercahaya, berseri dan terasa lembut.

Sebuah penelitian pada tahun 2018 lalu menemukan fakta menarik, bahswasannya madu bersifat humektan alami. Ini berarti madu mampu menjaga kelembapan kulit. Sehingga tidak heran apabila madu banyak dimanfaatkan sebagai salah satu komposisi wajib pada produk pelembap.  

Demikianlah pembahasan tentang ragam manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.