Cara Mengobati Cacar Air Secara Tradisional Agar Cepat kering dan Hilang

Posted on

Cara Mengobati Cacar Air Secara Tradisional Agar Cepat kering dan Hilang – Cacar air adalah penyakit infeksi yang biasa menyerang anak-anak dan penularannya sangatlah cepat. Penyakit ini muncul ketika tubuh diserang oleh virus Varicella zoster. Kuman tersebut berada di bintik-bintik merah dan air ludah penderita, sehingga mudah menular ketika orang sehat berinteraksi dengannya. Ingin tahu bagaimana cara mengobati cacar air secara tradisional? Simak informasi lengkapnya berikut.    

Selain anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena penyakit cacar air. Anda sangat dianjurkan supaya tidak berinteraksi dengan penderita, terlebih lagi belum pernah terkena sebelumnya dan diberi vaksin cacar air.

Cara mengobati cacar air secara tradisional ada banyak macamnya dan ampuh meredakan rasa gatal yang Anda derita. Namun, bahan-bahan alami ini tidak melemahkan infeksi virus secara langsung sebagaimana obat anti virus, acyclovir misalnya.

Kalau sudah paham, mari langsung kita lihat daftar bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan oleh penderita cacar air dibawah ini.

Beragam Cara Mengobati Cacar Air Secara Tradisional Serta Rekomendasi Obat Cacar Air yang Ampuh di Apotik

Soda Kue

Soda Kue

Belum banyak orang mengerti, bahwasannya soda kue bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional cacar air agar cepat kering. Selain itu, bahan dapur ini juga memberikan efek menenangkan pada kulit, sehingga tidak akan membuat Anda merasakan gatal berlebih.

Soda kue terdiri dari ion biokarbonat dan sodium yang cepat larut di dalam air. Tidak sulit kok mengobati cacar air dengan soda kue, Anda hanya perlu mencampurkannya ke air hangat dan dipakai untuk mandi. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

Apabila merasa ribet, bisa juga sekedar mengoleskan soda kue sebagai salep alami. Campur soda kue dan air secukupnya sampai menjadi pasta, kemudian oleskan pada lenting cacar air menggunakan kapas.

Oatmeal

Banyak orang bilang penderita cacar air sebaiknya tidak mandi selama sakit supaya cepat sembuh. Memang betul kita perlu membiarkan lenting cacar air mengering sehingga mengerak dan mengelupas sendirinya. Namun, bukan berarti mengabaikan kebersihan kulit begitu saja. 

Secara medis, penderita cacar air sebenarnya tidak ada larangan untuk mandi. Mandi justru dianjurkan karena bisa membantu mengangkat kotoran yang berada di permukaan kulit. Apabila dibiarkan begitu saja, tumpukan kotoran tadi bisa menyebabkan infeksi sekunder dan memperparah rasa gatal.

Nah, mandi bagi penderita cacar air memang membutuhkan perlakuan khusus. Seperti beralih menggunakan air dingin dan memilih sabun yang tidak mengandung pewangi maupun alkohol.

Salah satu obat tradisional cacar air yang bisa digunakan untuk mandi adalah oatmeal. Didalam oatmeal terkandung antiradang yang disebut sebagai beta glukon. Fungsi dari beta glukon ini adalah mengurangi rasa gatal cacar air yang seringkali tidak tertahankan.

Cara mengobati cacar air dengan oatmeal sebagai berikut:

Siapkan 1/3 gelas atau 1 gelas oatmeal

Blender oatmeal sampai benar-benar halus dan menjadi bubuk, pastikan bisa larut dengan air

Masukkan bubuk oatmeal ke bak yang sudah diisi air hangat, aduk-aduk sampai merata

 Gunakan untuk berendam, sembari mengusapkan larutan oatmeal ke permukaan kulit yang mengalami cacar air secara halus

Apabila susah menemukan bijia oatmeal, Anda bisa menggantinya dengan produk mandi yang terbuat dari oatmeal. 

Madu Manuka

Madu Manuka

Madu maduka adalah jenis yang berasal dari negara New Zealand. Konon, kandungannya 4x lipat lebih berkhasiat daripada madu biasa.

Menurut sebuah studi yang dimuat pada jurnal Translational Biomedicine, menemukan adanya potensi manfaat madu maduka terhadap penyakit cacar air. Penelitian tadi melaporkan, apabila madu manuka mengandung sifat antibakteri, antiradang, antineoplastik (mencegah perkembangan sel-sel kanker) dan antijamur yang kuat.

Peneliti menyuntikkan konsentrat madu manuka ke sampel jaringan kulit manusia yang diinfeksi oleh  varicella zoster virus (VZV). Hasilnya, ukuran plak virus VZV yang terdapat di sel kulit dikurangi secara drastis oleh madu manuka.

Meskipun masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan tingkat efektivasnya, namun tidak ada salahnya apabila Anda mencoba mengolesi lenting cacar yang gatal dengan madu. Supaya tidak mengalami efek samping berbahaya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.

Chamomile

Cara mengobati cacar air secara tradisional berikutnya adalah menggunakan chamomile. Teh chamomile akan membantu meredakan rasa gatal berlebih yang diakibatkan oleh cacar air. Sehingga, Anda bisa lebih nyaman ketika ingin istirahat.

Efek pereda rasa gatal tersebut berkat bahan alami di dalam chamomile yang bersifat antiradang dan antiseptik ketika bersentuhan langsung pada permukaan kulit.

Cara pengobatannya mudah, ikuti langkah-langkah dibawah:

Seduh 2-3 kantong teh chamomile

Celupkan kain lembut atau kapas ke dalam teh chamomile

Tempelkan pada kulit yang terkena cacar air

Tepuk lembut supaya air teh terserap ke dalam kulit dengan sempurna

Ketika menderita cacar air, biasanya muncul gejala seperti mulut kering dan sakit tenggorokan. Untuk meredekan rasa sakit tersebut Anda bisa minum teh chamomile langsung.

Minum teh chamomile juga berkhasiat untuk meredakan masalah susah menelan pada penderita cacar air, karena lenting juga biasa muncul di tenggorokan dan dalam mulut.

Minyak Essensial

Minyak Essensial

Setiap penderita cacar air pasti menginginkan bintik-bintik merah dan berair pada kulit cepat mengering. Nah, untuk mewujudkannya Anda bisa mengandalkan minyak essensial. Dari sekian banyak macamnya, direkomendasikan memilih minyak cendana.

Pasalnya, minyak cendana mengandung efek menenangkan dan sudah populer dipakai untuk pembuatan lotion maupun salep. Memanfaatkan minyak cendana sebagai obat tradisional cacar air agar cepat kering cukup mudah.

Silahkan Anda oleskan minyak cendana sedikit demi sedikit ke permukaan kulit dengan cotton buds atau kapas.

Rekomendasi Obat Cacar Air Paling Ampuh di Apotik

Acyclovir

Acyclovir adalah obat antivirus yang bisa Anda gunakan untuk membantu mempersingkat waktu sakit dan mengurangi jumlah bintil cacar air. Selain cacar air, Acyclovir CR 5% ini juga ampuh mengobati herpes karena pada dasarnya ini merupakan antivirus bagi penyakit infeksi kulit.

Oleskan Acyclovir setiap 4-5 jam berturut-turut, kira-kira 5 kali dalam sehari hari. Oleskan tipis dibagian kulit yang terinfeksi. Harga Acyclovir per tube sekitar Rp. 5 ribu – Rp. 10 ribu. 

Losion Calamine

Obat cacar air di apotik berikutnya adalah losion calamine yang dipercaya ampuh dalam meredakan rasa gatal. Salah satu produk yang mengandung calamine adalah Caladine Lotion. Berkat kandungan menthol dan chompor didalamnya, ia mampu memberikan rasa dingin pada permukaan kulit.

Anda bisa mengoleskan sesering mungkin pada permukaan kulit yang gatal tidak tertahankan. Selain itu, Caladine Lotion juga membuat tubuh Anda menjadi segar dan harum .

Valacyclovir

Sama seperti Acyclovir, ini juga merupakan antivirus yang ampuh untuk melawan infeksi mulai dari herpes sampai cacar air. Meskipun Valacyclovir tidak menghilangkan virus secara keseluruhan, namun setidaknya bisa mempercepat proses penyembuhan.

Salah satu pilihannya adalah INCLOVIR 500 MG TB yang mengandung Valacyclovir. Kegunaannya adalah membantu mengobati infeksi akibat virus, sekaligus luka di daerah mulut dan cacar air.

Anda membutuhkan resep dari dokter untuk mengonsumsinya, obat ini tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui dan wanita hamil. 

Itu tadi adalah beberapa cara mengobati cacar air secara tradisional yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.