8 Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Sehat

Posted on

Cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat kedengarannya memang menarik, namun metode yang tepat tentu tidak kalah penting. Menambah berat badan adalah impian bagi setiap orang yang memiliki tubuh terlalu kurus dan ingin memperbaiki penampilannya. Sama seperti obesitas, berat badan yang terlalu rendah juga tidak bagus dan sebisa mungkin diupayakan agar lebih ideal.

Jangan sampai upaya menambah berat badan anda justru menyebabkan gangguan kesehatan. Setiap orang pasti mempunyai kondisi tubuh dan faktor yang menyebabkan tubuh terlalu kurus berbeda-beda.

Sebelum mencoba beberapa cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat dibawah ini, sebaiknya Anda menghitung indeks massa tubuh untuk memeriksa status gizi. Apabila hasilnya menunjukkan berat badan kurang ideal, coba beberapa metode berikut.

Beberapa Penyebab Berat Badan Terlalu Rendah

Ada sejumlah penyakit atau kondisi yang bisa menyebabkan berat badan seseorang terlalu rendah. Beberapa diantaranya seperti dibawah ini:

Malabsorbsi makanan, contohnya penyakit Celiac

Penyakit tertentu, seperti diabetes dan hipertiroidisme

Penyakit kanker, terlebih lagi sudah masuk stadium lanjut

Masalah pencernaan, seperti penyakit kolitis ulseratif atau Crohn

Gangguan psikologis, seperti depresi dan stress

Gangguan makan, contohnya anoreksia nervosa

Infeksi, seperti tuberkulosis dan HIV

Kurang gizi atau malnutrisi

8 Cara Menaikkan Berat Badan Yang Cepat dan Sehat

Makan Dalam Porsi Kecil Namun Lebih Sering

Makan Dalam Porsi Kecil Namun Lebih Sering

Seseorang yang memiliki tubuh kurus biasanya mudah merasa kenyang, padahal makannya tidak begitu banyak. Meskipun sudah merasa kenyang, belum tentu nutrisi yang diserap oleh tubuh sudah maksimal. Ini bisa menjadi penyebab mengapa berat bedan tidak kunjung naik.

Untuk menyiasati kondisi itu, Anda dianjurkan supaya makan lebih sering dengan porsi kecil. Tidak harus makan 2-3 kali sehari dengan porsi besar. Lebih baik makan 5-6 kali sehari, namun porsinya sedikit dikurangi.

Sehingga, Anda bisa memaksimalkan asupan kalori tanpa khawatir merasa terlalu kenyang.

Lebih Selektif Memilih Makanan

Lebih Selektif Memilih Makanan

Karena goal utama Anda adalah menambah berat badan, pastinya harus memaksimalkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, tidak boleh sembarangan memilih makanan. Sebaiknya hindari makanan berlemak, makanan cepat saji, makanan tinggi kalori, dan makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi.

Cara menaikkan berat badan dengan cepat tentu saja memilih makanan bergizi seimbang. Seperti daging tanpa lemak atau kulit, kacang-kacangan, sayuran, tempe, ikan, telur dan tahu. Anda dianjurkan supaya memperbanyak makanan sehat.

Jika ingin mengoptimalkan penambahan berat badan dan mencukupi kebutuhan nutrisi, Anda bisa juga mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan. Tentu harus sesuai anjuran dokter.

Makan Camilan Sehat

Makan Camilan Sehat

Berbeda dengan orang gemuk yang identik dengan camilan, mereka yang kurus cenderung kurang suka ngemil. Padahal, camilan adalah sumber kalori tambahan yang sangat membantu untuk menaikkan berat badan. Bagaimana, sudah siap buat ngemil sehari-hari?

Tentu bukan sembarang camilan yang boleh dimakan, melainkan camilan sehat dengan diperkaya nutrisi. Contohnya seperti buah-buahan, cokelat hitam, yoghurt dan roti gandum.

Hindarilah mengonsumsi camilan yang sifatnya tidak sehat, contohnya gorengan. Gorengan sebaiknya dihindari karena mengandung kolesterol dan minyak yang tinggi.

Ketika Anda terlalu berlebihan makan gorengan, maka berpotensi menyebabkan beberapa penyakit. Seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Mengonsumsi Minuman yang Padat Nutrisi dan Kalori

Mengonsumsi Minuman yang Padat Nutrisi dan Kalori

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, minuman juga berperan penting untuk membantu menaikkan berat badan dengan cepat. Mereka yang ingin mendapatkan berat badan ideal pastinya harus mengupayakan asupan nutrisi sehari-hari.

Nah, rutin mengonsumsi minuman padat kalori akan memberi Anda asupan nutrisi secara maksimal. Adapun beberapa jenis minuman yang sebaiknya dipilih antara lain susu, smoothies, jus segar dan yoghurt. Apabila belum memiliki ide, silahkan cari inspirasi resepnya di internet.

Selain menambah asupan nutrisi, minuman ini juga mengandung cairan yang tinggi untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Di sela-sela waktu makan, sebaiknya Anda mengonsumsi minuman sehat tersebut.

Meminumnya secara rutin berguna untuk menambah berat badan lebih cepat. Asupan nutrisi pada segelas jus buah segar pastinya jauh lebih banyak dibandingkan segelas air putih.

Minum Setelah Makan

Minum Setelah Makan

Kebiasaan buruk yang tanpa disadari menurunkan nafsu makan adalah terlalu banyak minum sebelum makan. Pasalnya, ketika Anda sudah minum terlalu banyak secara otomatis tubuh merasa kenyang. Sehingga, keinginan untuk makan berkurang.

Supaya nafsu makan Anda tetap tinggi dan memperoleh asupan nutrisi yang optimal, sebaiknya minum sesudah makan.

Menambah Asupan Kalori

Menambah Asupan Kalori

Ketika membahas cara menaikkan berat badan dengan cepat, pastinya tidak bisa lepas dari kebiasaan menambah asupan kalori ke dalam menu makanan harian. Tentu saja harus memilih sumber kalori tambahan sehat dan penuh nutrisi. 

Contohnya menaburi roti dengan keju parut, menambah susu atau krim pada sup dan mentega di tumisan. Jangan asal memilih, pastikan Anda menghindari bebera jenis makanan yang bisa menyebabkan kelebihan garam, gula darah dan kolesterol.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga Secara Rutin

Siapa bilang olahraga rutin hanya untuk menurunkan berat badan? Oh tidak, olahraga yang Anda lakukan setiap hari juga bisa membantu menambah berat badan menjadi lebih efektif. Ketika olahraga, ini membuat jaringan otot yang dibentuk di dalam tubuh lebih banyak dan pada saat yang bersamaan menghancurkan lemak. 

Tidak hanya itu saja, olahraga bisa juga mendorong nafsu makan Anda menjadi lebih bagus. Ketika nafsu makan tinggi dan Anda memenuhinya dengan asupan nutrisi terbaik, mendapatkan berat badan ideal bukanlah sesuatu yang sulit.

Mengonsumsi Shake atau Smoothies

Mengonsumsi Shake atau Smoothies

Dibandingkan minum kopi, soda dan sejenisnya yang mengandung tinggi kalori dan rendah gizi, Anda lebih dianjurkan minum milk shake atau smoothies. Sebagai bahan dasar smoothies, Anda bisa menggunakan jus buah atau susu yang dibekukan.

Untuk menambah kalori didalamnya agar lebih optimal terutama protein, silahkan taburi smoothies dengan flaxseed atau potongan kacang almond. Selain ampuh, cara menaikkan berat badan dengan cepat satu ini juga lezat.

Tips Menambah Berat Badan Setelah Sakit

Sakit selama berhari-hari pasti berdampak pada berat badan, karena nafsu makan menurun dan membuat Anda kekurangan asupan kalori. Padahal, tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi dan kalori selama pemulihan dari sakit agar cepat sembuh.

Berikut beberapa jenis makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi selama menjalani pemulihan dari suatu penyakit:

Oatmeal atau bubur

Jus buah segar atau smoothies

Tahu dan tempe

Telur rebus

Roti gandum

Kuah daging ayam atau sup

Keju, yoghurt atau susu

Ikan

Kacang-kacangan

Kentang atau ubi rebus, brokoli, apel, pisang, kiwi, mangga dan bayam  

Tidak peduli selezat apapun makanan yang dihidangkan, nafsu makan pasti menurun setelah dan selama sakit berlangsung. Untuk mengembalikan nafsu makan dan cepat pulih dari sakit, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

Sebelum makan cobalah berjalan-jalan sebentar, karena dipercaya mampu menambah selera makan

Menyesuaikan menu makanan sesuai selera, yang penting sehat

Istirahat cukup dan kurangi stress

Jauhi asap rokok dan hentikan kebiasaan merokok

Demikianlah pembahasan tentang cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat. Semoga Anda bisa segera mewujudkan berat badan ideal.