Aman dan Cepat! 7 Cara Menambah Subscriber YouTube 2021

Posted on

Mendapatkan subscriber banyak adalah keinginan bagi setiap pemilik channel YouTube. Pasalnya, jumlah subscriber menentukan apakah sebuah channel baru layak dimonetisasi atau tidak. Disisi lain, subscriber turut menyumbangkan banyak view sehingga pendapatan semakin besar. Ingin tahu bagaimana cara menambah subscriber YouTube dengan aman dan cepat? Simak pembahasan berikut sampai habis.

YouTube adalah platform berbagi konten video yang memungkinkan semua orang mengunggah video dan mendapatkan uang dari iklan. Untuk memonetisasi channel YouTube, syaratnya adalah memenuhi 4.000 jam tayang dan 1.000 subsriber selama 1 tahun (12 bulan).

Cara menambah subscriber YouTube bisa dimaksimalkan lewat konten yang diupload, tidak perlu sampai hack atau dengan robot. Metode instan seperti itu justru merusak channel Anda dan sangat rawan kena baned.

Cara Menambah Subscriber YouTube Dengan Aman

Meminta Penonton Untuk Subscribe

Sebenarnya ini adalah langkah paling mudah dan sederhana, namun masih banyak yang keliru. Sayangnya, kebanyakan YouTuber masih melakukan beberapa kesalahan. Pertama, terlalu sering meminta penonton subscribe, sehingga terdengar membosankan.

Kesalahan kedua, meminta penonton subscribe dengan basa-basi yang terlalu lama. Tanpa memberikan mereka alasan yang jelas mengapa harus subscribe.

Langkah yang benar adalah cukup satu kali mengingatkan mereka untuk berlangganan. Bisa ditempatkan di awal video atau di tengah video sesudah memberikan informasi menarik.

Usahakan sesingkat mungkin dan beri alasan mereka harus subscribe. Seperti ada video baru yang diupload setiap hari, giveaway mingguan untuk subscriber, kesempatan main bareng dan record bagi YouTuber gaming dan lain-lain.

Kreasikan ide sekreatif mungkin, buatlah penonton merasa harus banget subscribe. 

Mempromosikan Video Berikutnya

Di akhir video, sebaiknya Anda membocorkan sedikit informasi tentang konten yang bakal diupload selanjutnya. Sebagai contoh, channel Anda adalah video tutorial memasak. Apabila hari ini membahas resep cimol, mungkin selanjutnya akan membahas resep seblak pedas nampol.

Nah, berikan penonton Anda spoiler supaya mereka penasaran. Jangan lupa meminta subscribe supaya mereka tidak ketinggalan. Cara menambah subscriber YouTube ini terbilang ampuh, khususnya bagi penonton baru yang suka terhadap konten-konten Anda.

Mereka tidak akan keberatan memencet tombol subscribe, selama kontennya menarik dan menghibur.

Berinteraksi Dengan Para Penonton

Audiens adalah mereka teman digital Anda yang perlu ditanggapi dan menjalin hubungan baik. Jangan hanya fokus kepada cuan, tanpa memperdulikan bagaimana penonton video. Berinteraksi yang dimaksud disini adalah memberikan like kepada komentar dan membalasnya.

Ketika pemilik channel membalas komentar yang ditulis, penonton pasti merasa senang dan lebih dihargai. Hubungan yang terjalin membuat mereka tidak akan segan untuk subscribe. Kedengarannya memang sederhana, namun metode ini sudah dibuktikan oleh banyak pemilik channel sebagai salah satu cara menambah subscriber YouTube dengan cepat.  

Jangan Lupa Memberi Thumbnail Menarik

Thumbnail adalah sampul video yang dilihat pertama kali oleh para penonton, sekaligus menentukan apakah mereka mau klik video atau tidak. Tanpa thumbnail menarik, pasti video Anda akan diskip oleh banyak orang.

Jika melihat video saja tidak mau, bagaimana mungkin mereka bersedia untuk subscribe. Maka dari itu, thumbnail wajib banget dimaksimalkan. Desainnya dibuat menarik dan menyisipkan sedikit spoiler dengan kata-kata yang bikin penasaran.

Contoh, video Anda adalah resep membuat cireng. Nah, didalam thumbnail video beri kata-kata “isi kopong yang crispy”, “resep mudah anti gagal”, “rasanya seperti abang-abang di pinggir jalan” dan lain sebagainya.

Semakin bagus thumbnail, maka jumlah orang yang menonton semakin besar. Jika banyak yang menyukai konten video Anda, secara otomatis subscriber juga ikut bertambah.

Konsisten Upload Video

Coba Anda pahami sekali lagi maksud dari subscribe, yaitu berlangganan ke channel YouTube. Ketika seseorang memutuskan untuk subscribe, berarti ada sesuatu yang mereka inginkan dari channel tersebut. Jawabannya sudah pasti konten video.

Semisal ada penggemar game Mobile Legends dan melihat salah satu video gameplay yang Anda upload. Setelah melihat satu video dan merasa tertarik, penonton tadi pasti berkunjung ke profil channel YouTube Anda.

Begitu melihat konten serupa dan diupload secara konsisten, tanpa diminta sekalipun mereka pasti subscribe. Pasalnya, mereka berharap bisa melihat video-video terbaru sama seperti yang sudah dilihat.

Penonton ini pasti membicarakan channel Anda kepada teman-teman penggemar Mobile Legends lainnya. Channel semakin dikenal dan subscriber-pun terus bertambah.

Oleh karena itu, cara menambah subscriber YouTube bisa dimulai dengan menentukan waktu upload video. Bisa 1 minggu sekali, 3 hari sekali atau bahkan 1 hari sekali. Seiring berjalannya waktu, pihak YouTube bakal merekomendasikan channel Anda kepada penonton yang menyukai video Mobile Legends.

Riset Keyword Sebagai Judul

Keyword atau kata kunci adalah bagian penting untuk bisa mendapatkan banyak view. Kata kunci yang digunakan pada judul video menentukan rank di hasil pencarian YouTube. Contoh kata kunci yaitu “cara membuat seblak” “cara menggoreng kentang”, “tips memasak daging” dan lain sebagainya.

Sebagai pemilik channel baru, Anda disarankan memilih keyword-keyword dengan low competition atau kompetisinya rendah. Karena keyword dengan kompetisi tinggi sudah banyak yang bersaing dan merupakan channel-channel lama. Sehingga, sulit bagi video Anda untuk bersaing dan muncul di hasil pencarian teratas.

Untuk menemukan keyword kompetisi rendah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Tubebuddy. Tubebuddy memiliki dua opsi, yaitu gratisan dan premium. Sebagai media belajar, memakai layanan gratisannya sudah cukup kok.

Semisal niche YouTube Anda adalah tutorial otomotif. Cara riset kata kunci sebagai berikut:

Buka aplikasi Tubebuddy

Klik simbol garis tiga yang ada di pojok kanan bawah

Klik Tag Explorer

Di kolom search, tulis semisal “cara memasang busi”

Nanti muncul beberapa ide keyword yang bisa dipakai, lengkap dengan parameter persaingannya (very low, low, high, super high dan lain-lain)

Disarankan memilih keyword dengan parameter low dan very low. Tujuannya adalah supaya channel Anda mudah masuk top pencarian dan dilirik oleh YouTube. Semakin banyak video yang masuk top pencarian dan mendapatkan view, YouTube tidak akan sungkan-sungkan merekomendasikan konten Anda ke penonton yang menyukai topik tersebut.

Semakin banyak view, itu berarti kesempatan mendapatkan subscriber juga semakin banyak. Bagaimana, sudah siap mempraktekkan cara menambah subscriber YouTube ini?

Masukkan Tag yang Relevan

Sama seperti judul, tag yang dipakai juga sangat berpengaruh terhadap ranking video di hasil pencarian YouTube. Untuk menemukan tag ini Anda masih bisa mengandalkan Tubebuddy, karena memang aplikasi itu diciptakan demi membantu pengguna menemukan tag bagi video mereka.

Pilihlah tag yang low competition supaya video bisa segera nangkring di top pencarian. Setelah channel Anda sudah mulai besar dan memiliki kekuatan dimata YouTube, barulah kemudian mengincar tag dengan kompetisi menengah dan lebih tinggi.

Contoh tag adalah “mobilelegends”, “resepcireng”, “podcast”, “tutorialhp”, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang cara menambah subscriber YouTube dengan aman dan cepat. Semoga bermanfaat bagi para pemula.