Cara Ampuh Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat

Posted on

Sakit kepala yang terasa cenat cenut pasti mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Pasalnya, ketika sakit kepala menyerang membuat tubuh lemas dan tidak bersemangat melakukan apapun. Entah itu bekerja, belajar atau sekedar berjalan ke luar rumah. Anda pasti lebih memilih tiduran dan berharap sakit kepala reda. Sudah tahu belum cara ampuh mengobati sakit kepala dengan cepat?

Secara umum, ada tiga macam sakit kepala yang menyerang seseorang. Yaitu sakit kepala tegang, migrain dan sakit kepala cluster. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa mengawali dengan beberapa langkah sederhana.

Kemudian cara mengobati sakit kepala ditindaklanjuti dengan konsumsi bahan alami atau obat-obatan di apotik. Informasi selengkapnya silahkan disimak berikut.

Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat

Mengompress Air Dingin atau Hangat

Mengompress Air Dingin atau Hangat

Salah satu penyebab umum seseorang menderita sakit kepala adalah ketegangan otot. Oleh karena itu, mengompres kepala menggunakan air dingin atau air hangat bisa menjadi langkah yang tepat untuk membantu meredakannya.

Jika Anda mengalami migrain, cobalah mengompres dahi dengan air dingin selama kurang dari 15 menit. Sementara itu, apabila mengalami tension type headache, dianjurkan untuk mengompres air hangat di belakang kepala atau daerah leher. Metode ini sudah terbukti ampuh menghilangkan sakit kepala.

Relaksasi

Relaksasi

Olah napas atau meditasi seperti yoga bermanfaat untuk membantu melemaskan kembali otot-otot tubuh yang tegang. Coba deh mencari tempat yang sepi di rumah, kantor dan lokasi lainnya dengan tempat duduk nyaman. Pastikan Anda tidak terganggu oleh keadaan sekitar.

Setelah menemukan tempat, ambil napas secara perlahan dan teratur, lakukan selama lima detik. Kemudian buang napas tadi selama lima detik juga. Secara bertahap, otot-otot mulai melemas dan meredakan sakit kepala.

Tidak hanya yoga, relaksasi bisa dilakukan dengan mandi air hangat. Ketika kepala Anda terasa berdenyut-denyut, mandilah menggunakan air hangat. Pasti rasa sakitnya sedikit lebih lega.     

Istirahat Cukup

Istirahat Cukup

Obat sakit kepala sebenarnya tidak harus dibeli di apotik ataupun dokter. Pasalnya, ini bisa diawali dengan merubah pola hidup sehari-hari. Khususnya kebiasaan tidur dan istirahat Anda. Pastikan tubuh tidur cukup sekitar 7-8 jam per hari.

Jam tidur yang kurang bisa menyebabkan banyak sekali perubahan pada kondisi tubuh, seperti badan lemas dan kepala yang berdenyut-denyut. Anda pasti pernah merasakannya bukan? Nah, pada kondisi seperti ini yang dibutuhkan adalah memperbanyak istirahat.

Sebelum memasuki waktu tidur, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan stimulan. Seperti nikotin, kafein, alkohol dan gula. Jangan lupa juga mematikan lampu, komputer dan smartphone.

Aromaterapi

Aromaterapi

Apabila istirahat saja masih belum cukup, Anda bisa menambahkan aromaterapi di kamar. Aroma wangi yang dikeluarkannya berguna untuk membuat otak terasa lebih rileks dan mengurangi rasa sakit kepala.

Kepala yang tadinya berdenyut-denyut bisa diringankan dengan aromaterapi ekstrak peppermint, lavender dan eucalyptus. 

Memijat Kepala

Memijat Kepala

Memijat adalah salah satu pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia untuk mengusir badan yang capek. Ternyata, memijat juga termasuk cara ampuh mengobati sakit kepala dengan cepat lho. Anda perlu mencoba metode ini, siapa tahu berhasil.

Pasalnya, sakit kepala seringkali disebabkan oleh otot tubuh bagian atas yang tegang.

Nah, pijat bisa membantu meredakan nyeri sekaligus melemaskan kembali otot-otot kaku yang disebabkan oleh sakit kepala. Cobalah memijat bagian pelipis dan leher Anda selama beberapa menit.

Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak Minum Air Putih

Selain kurang istirahat, pola hidup sehari-hari yang bisa menyebabkan sakit kepala adalah dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, biasanya terasa lemas dan pening. Untuk mengatasinya pastikan Anda meminum 2 liter atau 8 gelas air putih per harinya.

Tips Menghilangkan Pusing Dengan Bahan Alami

Lada

Lada

Obat alami pertama yang bisa diandalkan untuk membantu meredakan pusing adalah lada. Lada diketahui mengandung zat capsaicin yang berguna untuk mengusir sakit kepala. Anda hanya perlu mencampurkan lada ke kopi atau makanan. 

Jahe

Jahe

Jahe adalah rempah yang dikenal mengandung berbagai macam zat baik untuk tubuh. Seperti diperkaya antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Selain itu, di dalam jahe juga ditemukan zat gingerol yang berkasiat untuk meredakan nyeri, meredakan peradangan pembuluh darah yang ada di kepala dan menyembuhkan sakit kepala.

Cara mengobati sakit kepala dengan jahe tersedia dua opsi. Pertama, masukkan jahe secukupnya ke satu gelas air mendidih. Kedua, campur jus jahe dan jus lemon dengan takaran sama. Minum ramuan herbal ini sebanyak 1-2 kali per hari.

Kayu Manis

Kayu Manis

Untuk membantu Anda mengobati sakit kepala secara efektif, kayu manis menawarkan kandungan berupa sidat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Disamping itu, kayu manis juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

Pertama-tama, Anda perlu menghaluskan beberapa batang kayu manis. Campur bubuk tadi dengan air secukupnya sampai mengental. Oleskan di bagian dahi dan tunggu selama 30 menit. Bilas dahi Anda setelah selesai sampai bersih.

Kunyit

Kunyit

Kunyit adalah obat herbal lain yang secara efektif mampu meredakan migrain dan sakit kepala. Hal ini berkat tingginya kandungan anti inflamasi dan antioksidan pada kunyit. Minum susu kunyit sudah terbukti bisa mengurangi rasa sakit kepala, bahkan meredakan hidung tersumbat.

Silahkan Anda rebus satu gelas susu, kemudian tambah bubuk kunyit ke dalamnya, cukup 1 sendok teh. Minumlah ramuan ini sebanyak 3x sehari untuk segera menghilangkan flu dan sakit kepala. 

Bawang Putih

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, kegunaan bawang putih lainnya adalah meredakan hidung tersumbat, sakit kepala akibat flu dan menyembuhkan flu biasa. Khasiat ini diperoleh dari sifat antivirus dan antibakteri yang berada didalam bawang putih.

Pertama, haluskan tiga siung bawang putih dan rebus. Tambah satu sendok makan lemon dan dua sendok teh madu. Minum sebanyak 2x sehari. 

Cabai Rawit

Cabai Rawit

Mirip seperti lada, didalam cabai rawit juga terkandung zat capsaicin. Zat utama ini berkhasiat untuk menghambat nyeri di dalam tubuh atau yang biasa dikenal dengan istilah Zat P. Zat P itulah yang biasa menyebabkan rasa nyeri.

Nah, capsaicin pada cabai rawit bekerja dengan mengurangi rasa nyeri tersebut. Anda hanya perlu mencampur 4 ons air hangat dengan 1/4 sendok bubuk cabai. Ambil kapas dan celupkan ke dalam larutan, seka hidung menggunakan kapas dengan lembut.

Obat Sakit Kepala yang Paling Ampuh

Apabila cara mengobati sakit kepala diatas masih belum bisa meredakan nyeri Anda, tidak ada salahnya membeli obat ke apotik. Namun perlu dipahami, bahwasannya penting mengidentifikasi penyebab dan gejala sakit kepala, baru kemudian memilih obat.

Dalam beberapa kasus, seperti sakit kepala yang berkepanjangan dan akibat kondisi medis tertentu membutuhkan penanganan lebih serius. Berikut beberapa macam obat sakit kepala yang ampuh dan bisa dicoba:

Ibuprofen

Aspirin

Indomethacin

Paracetamol

Naproxen

Sumatriptan

Zolmitriptan

Ketorolac

Demikianlah pembahasan tentang cara ampuh mengobati sakit kepala dengan cepat. Semoga bisa segera menyembuhkan kepala Anda yang berdenyut denyut dan kembali beraktivitas seperti biasa.