Terampuh! 15 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Posted on

Bekas luka yang menghitam pastinya sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Terlebih lagi luka tersebut berada di daerah terbuka, wajah misalnya. Entah itu bekas jerawat, cacar, lecet karena jatuh dari motor, koreng dan lain sebagainya. Anda pasti ingin membereskan masalah ini bukan? Kalau begitu, simak deh cara menghilangkan bekas luka secara alami berikut.

Bekas luka yang sudah terlanjur lama memang cenderung sulit hilang, daripada luka yang segera dirawat dan sembuh. Kendati demikian, bukan berarti mustahil dibersihkan. Hanya saja perlu proses agak panjang dan konsisten.

Apalagi dengan cara menghilangkan bekas luka secara alami, pastinya tidak secepat teknik laser atau obat dari dokter spesialis kulit. Tidak perlu lama-lama lagi, simak uraian dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Kentang

Kentang

Bahan alami pertama yang ampuh untuk mengatasi bekas luka adalah kentang. Kentang diketahui mengandung fitokimianya yang berguna untuk menghentikan proses pigmentasi, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bekas luka menghitam memudar.

Anda perlu menghaluskan kentang secukupnya, kemudian peras dan ambil sarinya. Ambil kapas, celupkan ke air perasan kentang dan oleskan di bekas luka. Tunggu selama 10 menit, baru kemudian dibilas dengan air bersih.

Madu

Madu

Selain berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun dan mengontrol gula darah, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka. Hal ini berkat kandungan bioaktif didalam madu yang berfungsi merangsang regenerasi jaringan dan mengobati luka.

Campurkan baking soda dengan teh madu masing-masing 1 sendok teh. Setelah tercampur rata dan mirip pasta, oleskan di bekas luka dan pijat perlahan. Tempel handuk panas, diamkan sampai suhunya turun dan gunakan untuk mengelap. 

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pencerah kulit wajah alami. Ternyata tidak cukup sampai disitu, jeruk nipis juga mampu memudarkan bekas luka di kulit secara efektif. Khasiat ini diperoleh berkat kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) didalam jeruk nipis yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mengembalikan elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

Mengingat jeruk nipis bersifat sensitif terhadap paparan sinar matahari, sebaiknya Anda melakukan pengobatan pada malam hari. Namun jika anda menggunakannya di pagi hari, sebaiknya pakailah tabir surya setiap hendak bepergian keluar rumah.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun diperkaya Vitamin E dan Vitamin K yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Tidak berhenti sampai disitu, kandungan asam dan antioksidan pada minyak zaitun juga tinggi. Membuatnya semakin efektif dan ampuh untuk menghilangkan bekas luka.

Agar hasilnya semakin optimal, campurkan baking soda dengan minyak zaitun. Gosokkan pada area bekas luka secara perlahan. Dengan pemakaian secara rutin, bekas luka lebih cepat memudar.

Timun

Timun

Berbeda dari jeruk atau lemon yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit, timun lebih aman untuk mereka pemilik kulit sensitif. Apabila Anda ingin menghilangkan bekas luka jerawat, timun recomended buat dicoba. Khasiat lain yang bisa didapat adalah membuat kulit wajah lebih kenyal dan cerah.

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Mengoleskan gel lidah buaya secara rutin sudah menjadi cara menghilangkan bekas luka yang hampir diketahui oleh semua orang. Khasiat didalam gel lidah buaya memang benar adanya, berkat kandungan inflamasi yang dimilikinya. Manfaat lain yang ditawarkan adalah meningkatkan regenerasi sel kulit dan mengurangi iritasi.

Ambil gel dari tanaman lidah buaya, oleskan dengan gerakan melingkar pada bekas luka dan tunggu selama 30 menit. Setelah itu bilas.

Cuka Apel

Cuka Apel

Cuka apel yang sekarang ini banyak dijual di toko online dan offline juga bisa Anda pakai untuk mengusir bekas luka menghitam. Namun jangan menggunakannya secara langsung, melainkan harus dilarutkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah mencegah iritasi kulit.

Campur 2 sendok makan cuka apel dan 4 sendok makan air, aduk sampai rata. Celupkan kapas kedalamnya, lalu tepuk-tepuk di area bekas luka. Agar lebih efektif lakukan menjelang tidur malam, lalu bilas keesokan harinya.

Lemon

Lemon

Mengutip laman Stylecraze, buah lemon diperkaya komponen bioaktif yang berperan sebagai antioksidan. Jeruk lemon berguna untuk memudarkan bekas luka secara efektif. Kendati demikian, pemilik kulit sensitif sebaiknya melewati metode ini karena tidak cocok.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lemon mudah banget. Siapkan jeruk lemon dan ambil airnya. Celupkan kapas ke air lemon dan tepuk ke area bekas luka secara perlahan. Diamkan selama 10 menit, bilas bersih. Apabila melakukan pengobatan ini siang atau pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya sesudahnya.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang biasa dipakai untuk meredakan sunburn sesudah berjemur. Disamping itu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai penghilang bekas luka yang ampuh. Cara pemakaiannya adalah mengambil minyak kelapa ke tangan, gosok-gosokan kedua tangan untuk menghangatkannya, lalu oleskan pada bekas luka.

Vitamin E

Vitamin E

Vitamin E pastinya tidak boleh terlewatkan ketika Anda sedang berupaya menjaga kesehatan kulit. Konsumsi suplemen Vitamin E atau memperbanyak makanan dengan kandungan Vitamin E sangatlah direkomendasikan untuk merawat kulit dari dalam.

Melansir situs Healthline, Anda bisa menyiapkan satu kapsul suplemen Vitamin E dan keluarkan minyak dari kapsul tersebut. Gunakan minyak Vitamin E untuk dioleskan pada area bekas luka, sembari memijat perlahan.

Lakukan selama 10 menit dan tunggu 10 menit juga. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Prosedur Medis Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Mengambil tindakan medis adalah jalan yang ditempuh oleh beberapa orang untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat. Ini juga menjadi opsi untuk beberapa jenis luka tertentu yang masuk kategori parah dan tidak bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka antara lain.  

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur medis untuk mengatasi jenis luka kecil atau dangkal. Seperti bintik penuaan, garis halus, bekas jerawat ringan dan kekusaman. Dokter dermatologis atau kecantikan biasanya menawarkan layanan ini.

Dermabrasi

Dermabrasi adalah pilihan untuk mengatasi luka yang lebih tinggi dari kulit lainnya atau menggumpal. Proses menghilangkan bekas luka dengan cara ini yakni dengan menggunakan alat khusus untuk mengikis bagian permukaan kulit. Sehingga lapisan kulit baru terlihat lebih halus. 

Laser resurfacing

Prosedurnya mirip seperti dermabrasi, dengan hasil akhir yang halus dan bersih. Pasalnya, menggunakan laser jenis terbaru yang bekerja di bagian jaringan kolagen pada dermis tanpa merusak lapisan atas kulit.

Suntikan steroid

Suntukan steroid adalah opsi terbaik untuk membantu menghilangkan luka keloid dan hypertrophic. Prosedur ini mampu melunakkan tampilan bekas luka dari dua masalah tadi. Steroid disuntikan berulang kali ke bagian bekas luka dalam waktu relatif panjang agar lebih merata.  

Balut tekan bersilikon

Menghilangkan bekas luka bakar besar atau cangkok kulit bisa memilih balut ini. Hasil akhirnya memberikan tampilan yang lembut dan lebih merata. Balut tersebut dibuat dari bahan elastis dan bisa dipadukan dengan lembar gel silikon.

Untuk menyamarkan bekas luka dengan balut tekan, aturan pakainya adalah 2-3 jam per hari selama 6-12 bulan.   

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan bekas luka secara alami. Semoga bermanfaat.