10 Cara Mengobati Flu Dengan Cepat Tanpa Obat di Rumah

Posted on

Flu adalah penyakit yang umumnya dialami oleh setiap orang minimal satu kali dalam setahun. Ketika seseorang terkena flu, biasanya merasakan tubuh mudah lelah, sakit kepala, batuk, demam, badan menggigil dan sakit tenggorokan. Ingin segera menghilangkan hidung tersumbat akibat pilek? Kalau begitu, simak beberapa cara mengobati flu dengan cepat berikut ini.

Secara umum, flu bisa sembuh sendiri selama kurang lebih 4-9 hari. Setiap orang berbeda-beda, tergantung seberapa kuat sistem imun yang dimiliki. Untuk menyembuhkan pilek, Anda bisa minum obat antivirus yang sudah diresepkan dokter atau memilih obat tradisional.

Jika belum tahu cara mengobati flu dengan cepat dan alami, ini dia informasi selengkapnya.

Cara Mengobati Flu Dengan Cepat dan Tanpa Obat

Jahe

Jahe

Sejak ribuan tahun lalu, jahe adalah rempah pedas hangat yang terkenal dengan ragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh, disamping fungsinya sebagai penambah citarasa masakan. Salah satu khasiatnya adalah sebagai obat flu alami.

Jahe mampu membantu melemaskan otot saluran pernapasan secara efektif, sehingga membuat hidung tersumbat terasa lebih lega. Selain itu, rempah satu ini juga akan mengusir rasa mual akibat terus menerus membuang dahak atau ingus.

Tidak berhenti sampai disitu, jahe bisa memperkuat sistem imun tubuh agar flu segera sembuh dan mengembalikan stamina tubuh seperti sedia kala.

Cara pemakaian adalah sebagai berikut:

Siapkan jahe berukuran sedang 1-2 ruas, cuci bersih

Kemudian parut atau geprek jahe

Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih

Saring air jahe tersebut lalu minum dalam keadaan masih hangat

Agar lebih enak, Anda bisa menambah larutan gula merah, madu, atau perasan lemon

Memperbanyak Minum

Flu bisa membuat penderitanya mengalami dehidrasi, terlebih lagi ketika disertai dengan diare atau muntah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga asupan cairan tubuh.

Yang dimaksud memperbanyak minum disini bukan hanya air putih saja, penderita flu juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit dan jus buah. Karena biasanya lidah terasa hambar, maka bisa menyelingi air putih dan jus buah supaya bisa sedikit lebih enak diminum.

Pertanda tubuh sudah mendapatkan cukup cairan adalah urine berwarna kuning pucat dan cenderung tidak berwarna. 

Madu

Madu

Cara mengobati pilek dengan cepat berikutnya adalah mengonsumsi madu. Madu diketahui bersifat antimikroba yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan peradangan akibat pilek secara efektif. 

Anda bisa minum satu sendok makan madu 2x sehari, yaitu pada malam sebelum tidur dan pagi hari. Selain meminumnya langsung, Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam air lemon atau teh.

Perlu diketahui, bahwasannya madu tidak diperbolehkan menjadi obat pilek untuk bayi yang berusia dibawah 1 tahun. Sebab, madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang bisa memproduksi racun berbahaya bagi bayi apabila tertelan.

Garam

Garam

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, benarkah garam bisa menjadi obat pilek alami? Hal itu wajar, karena garam dikenal sebagai bumbu dapur. Namun, khasiat garam untuk membantu meredakan flu sudah didukung oleh beberapa penelitian medis.

Sejumlah laporan penelitian menjelaskan apabila berkumur dengan air garam bisa mencegah pilek menjadi semakin parah. Larutan garam diketahui mampu membantu mencairkan lendir lengket secara efektif yang berada di tenggorokan dan hidung.

Sehingga, Anda lebih mudah mengeluarkannya dalam bentuk dahak atau ingus.

Daun Mint

Daun Mint

Ekstrak daun mint diketahui bekerja mirip seperti obat dekongestan, sehingga cukup ampuh untuk menyembuhkan pilek yang sedang Anda derita. Keduanya dipercaya mampu secara efekftif mencairkan lendir yang menyumbang hidung.

Sensasi hangat yang didapat dari mentol berguna untuk melancarkan kembali aliran udara pada saluran pernapasan. Inilah alasan mengapa rata-raya obat pilek di pasaran memiliki kandungan berupa ekstrak mentol daun mint.

Makan Sup Ayam dan Bawang Putih

Makan Sup Ayam dan Bawang Putih

Pasti Anda pernah mendengar cara mengobati flu dengan bawang putih dari kerabat dan orang tua, namun kurang begitu percaya. Jangan khawatir, mari kita bahas secara singkat hubungan antara bawang putih dan pilek.

Sebuah penelitian pada tahun 2012 lalu yang dimuat di jurnal Clinic Nutrition menyebutkan, bawang putih mengandung senyawa allicin dan Vitamin C yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam memerangi kuman penyakit. Disisi lain, Vitamin C juga berperan aktif untuk mempercepat penyembuhan penyakit.

Sebagai obat pilek alami, Anda bisa langsung memakan bawang putih mentah. Namun, apabila tidak mau bisa mengolahnya menjadi sup ayam.

Bawang putih dan ayam bisa menjadi kombinasi sempurna untuk menyembuhkan pilek. Daging ayam mengandung sebuah zat bernama carnosine yang akan membantu meredakan gejala pilek dan flu. Selain itu, uap hangat sup ayam juga bisa melegakan kembali hidung yang tersumbat.

Minyak Essensial

Minyak Essensial

Minyak essensial adalah bahan herbal lainnya yang juga cocok digunakan untuk mengatasi pilek. Sebab, didalamnya terkandung zat antibakteri dan antivirus.

Menurut sebuah artikel di Antiviral Research, tea tree oil dijelaskan mampu membantu melawan infeksi virus flu, ini dilakukan dengan memperlambat perkembangan virus. Beberapa macam minyak essensial lain yang bisa dimanfaatkan adalah:

Minyak lemon

Minyak peppermint

Minyak oregano

Minyak eukaliptus

Minyak cinnamon

Teh Herbal

Teh Herbal

Mirip seperti minyak essensial, Anda bisa mengambil manfaat dari teh herbal yang mengandung antibakteri dan antivirus untuk menyembuhkan pilek. Minum teh herbal berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan infeksi virus dengan optimal. Salah satunya adalah virus influenza.

Adapun cara mengobati flu alami dengan teh herbal adalah meminum teh jahe, teh hijau dan teh adas manis. Untuk khasiat yang lebih besar, Anda juga bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Menghirup Uap Hangat 

Tidak harus membuat minuman herbal, karena masih ada cara alami menyembuhkan pilek yang lebih mudah dan sederhana. Yaitu dengan menghirup uap hangat yang khasiatnya lumayan besar. 

Uap hangat berfungsi untuk membantu melemaskan saluran pada hidung yang bengkak dan mengencerkan lendir. Sehingga, Anda bisa bernafas lebih lega dan tidak terganggu ketika tidur.

Jika merasa tertarik, ikuti langkah-langkah berikut:

Siapkan baskom lebar dan isi air panas sampai agak penuh

Tundukkan kepala Anda tepat di atas air, kemudian tutupi kepala menggunakan handuk

Jaga jarak antara kepala dan permukaan air, jangan terlalu dekat

Tahan beberapa saat, angkat kepala

Ulangi terus semampu Anda

Lebih bagus lagi apabila Anda menambahkan minyak essensial ke dalam air panas tersebut.

Jangan Malas Membuang Ingus

Ketika seseorang terkena flu, biasanya mereka malas untuk membuang ingus. Padahal, kebiasaan malas tersebut bisa menumpuk ingus dan menciptakan kerak pada saluran hidung. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin membuang ingus.

Jangan mengeluarkan ingus terlalu kencang, karena bisa membuat lendir masuk ke dalam saluran telinga. Adapun cara yang benar seperti berikut:

Tekan salah satu lubang hidung

Denguskan napas lewat hidung perlahan-lahan sampai ingus bisa keluar

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati flu dengan cepat dan alami. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh dari pilek yang mengganggu.