15 Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Posted on

Sariawan adalah salah satu kondisi yang biasa terjadi pada banyak orang. Kemunculannya membuat makan dan minum menjadi kurang nyaman, bahkan ada yang sampai tidak nafsu makan. Cara mengobati sariawan sendiri bisa dilakukan dengan bahan alami dan membeli obat di apotik. Ingin mempercepat penyembuhan luka sariawan? Pastikan Anda membaca tips berikut sampai habis.

Sariawan bisa saja hadir di langit-langit mulut, lidah dan pinggir bibir. Dimanapun keberadaannya, kondisi ini pasti membuat Anda kesal. Sayangnya, menyembuhkan sariawan dalam semalam adalah hal mustahil. Karena membutuhkan proses sampai benar-benar mengembalikan lukanya.

Cara mengobati sariawan dengan madu adalah metode paling umum dilakukan. Selain itu, masih ada beberapa alternatif lain yang tidak kalah ampuh lho.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami dan Obat di Apotik

Sebelumnya harus dipahami, bahwasannya bahan alami berikut bekerja secara bertahap dan tidak bisa menyembuhkan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, lebih cocok untuk sariawan ringan dan belum parah.

Teh Chamomile

Teh Chamomile

Sariawan yang Anda derita bisa segera diredakan dan disembuhkan oleh Chamomile. Pasalnya, di dalam Chamomile terkandung senyawa antiseptik dan antiradang, berupa evomenol dan azulene.

Caranya sangat gampang dan sederhana, yaitu merendam kantong teh chamomile ke dalam air hangat. Setelah itu kompreskan kantong teh tadi ke sariawan, tunggu selama 5 menit. Lakukan pengobatan ini 3-4 kali sehari. 

Madu

Madu

Hampir mirip seperti chamomile, madu juga mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang ampuh untuk mengobati sariawan. Jenis madu yang sebaiknya digunakan adalah madu asli, bukan madu yang sudah melewati proses pasteurisasi.

Cara mengobati sariawan dengan madu cukup mengoleskannya ke luka sariawan. Lakukan sebanyak 3 atau 4 kali sehari sampai sariawan Anda sembuh. 

Garam

Garam

Berkumur menggunakan larutan garam diketahui ampuh dan efektif untuk mempercepat proses penyembuhan, mengurangi peradagangan dan meredakan nyeri pada bibir, gusi ataupun mulut yang menderita sariawan.

Pertama-tama, siapkan 1/2 cangkir air hangat dan campur dengan 1 sendok teh. Setelah itu, gunakan larutan tadi untuk berkumur selama 15-30 detik. Selain menggunakan garam, Anda juga bisa mengganti dengan baking soda.     

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Satu sariawan yang berada di pinggir bibir, lidah atau area lain bisa membuat seluruh bagian mulut terasa panas dan tidak nyaman. Selain madu, obat sariawan alami yang juga ampuh untuk mengatasi luka tersebut adalah lidah buaya.

Anda hanya perlu mengambil lidah buaya, kemudian mencucinya sampai bersih. Oleskan daging atau getah lidah buaya secukupnya le sariawan. Tunggu selama beberapa jam, kemudian bilas. Lakukan selama 2 – 3 kali sehari.

Keampuhan lidah buaya dalam menghilangkan sariawan berkat sifatnya yang mampu berperan sebagai pereda nyeri dan antiperadangan alami.

Kelapa

Kelapa

Ketika Anda dipusingkan dengan masalah sariawan, maka bisa mencoba memanfaatkan kelapa. Kelapa berkhasiat untuk mencegah peradangan luka sariawan yang semakin memburuk, sekaligus mengurangi rasa sakitnya.

Dalam beberapa kasus, sariawan biasa muncul dikarenakan oleh panas dalam. Nah, kelapa bisa juga membantu menyejukkan suhu tubuh.

Tidak susah kok menggunakan kelapa sebagai obat alami sariawan, cukup mencampurkan minyak kelapa atau susu kelapa dengan madu. Perbandingannya 1:1, kemudian oleskan di sariawan sebanyak 3-4 kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara konsisten, sampai sariawan terlihat mengempis.

Yogurt

Yogurt

Secara umum, penyebab sariawan yang paling utama adalah perkembangbiakan bakteri di dalam rongga mulut. Kondisi kotor semacam ini mudah sekali memunculkan sariawan. Nah, Anda bisa memanfaatkan yogurt untuk mengatasi kondisi tersbut.

Salah satu manfaat yogurt adalah menjaga keseimbangan bakteri di dalam tubuh dan mulut. Apabila rongga mulut bersih dari bakteri bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Anda hanya perlu mengonsumsi yogurt secara rutin di pagi hari.

Es Batu

Es Batu

Sariawan yang sudah berlangsung selama beberapa hari bisa membuat area mulut membengkak dan terasa sangat menyakitkan. Supaya sariawan cepat sembuh dan mengempis, cobalah mengompres lidah Anda dengan es batu yang dibalut kain lembut.

Sensasi sejuk yang dikeluarkan oleh es batu bisa membantu meringankan rasa nyeri. Apabila cara ini terasa ribet, Anda bisa juga mengulum es batu di bagian sariawan sampau mencair.

Echinacea

Echinacea

Echinacea adalah tanaman yang daun atau akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat. Salah satunya untuk mengobati sariawan secara alami. Khasiat ini berkat kandungan didalamnya yang bersifat antioksidan, antiperadangan dan mampu menjaga kekebalan tubuh.

Untuk mengonsumsi echinacea, Anda bisa menyeduhnya seperti teh. Teh echinacea berfungsi untuk menyembuhkan luka akibat sariawan sekaligus mencegah mencegahnya muncul kembali.

Daun Sirih

Daun Sirih

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami berikutnya adalah memanfaatkan daun sirih. Daun sirih cocok dipilih karena kemampuannya yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anda hanya perlu mengunyah daun sirih secukupnya.

Beberapa khasiat yang ditawarkan oleh daun sirih antara lain antioksidan, anti-radang dan anti-bakteri. Wajar apabila banyak orang yang memanfaatkannya sebagai obat sariawan alami.

Daun Saga dan Akar Manis

Daun Saga dan Akar Manis

Sudah sejak lama, daun saga dan akar manis dipercaya sebagai salah satu obat sariawan yang ampuh. Pasalnya, kedua tanaman ini mengandung sifat anti-radang, antioksidan dan anti-bakteri.

Obat Sariawan Parah di Apotik

Sariawan parah adalah yang sudah berlangsung selama berhari-hari dan berukuran cukup besar, rasa sakit yang ditimbulkannya juga sangat mengganggu. Seperti sulit minum, makan dan berbicara. Kalau sudah begini, maka direkomendasikan agar meminum obat sariawan di apotik.

Adapun beberapa pilihan yang tepat antara lain:

Ibuprofen

Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sariawan yang mampu memberikan efek lebih kuat untuk membantu mengurangi peradangan sekaligus meredakan rasa nyeri akibat sariawan. Ibuprofen merupakan obat-obatan kategori NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drug).

Meskipun efeknya sangat ampuh, namun Anda harus mengikuti resep dokter atau melihat anjuran pemakaian terlebih dahulu. Khususnya ibuprofen yang dipakai untuk mengobati sariawan pada anak.

Paracetamol

Cara mengobati sariawan berikutnya adalah dengan meminum paracetamol. Paracetamol berguna untuk meredakan nyeri akibat sariawan. Anda bisa membeli paracetamol di apotek atau warung, tanpa perlu menunggu resep dokter. Selain ampuh meredakan nyeri, paracetamol juga relatif aman dikonsumsi oleh lansia, orang dewasa, remaja maupun anak-anak.

Mix Saga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun saga adalah salah satu bahan alami ampuh untuk mengobati sariawan. Nah, Anda bisa membelinya dalam bentuk sirup yang dijual di apotik. Mix Saga dibuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak daun sirih, daun saga, pegangan dan madu yang terbukti ampuh mematikan kuman. 

Mix Saga dibanderol mulai dari Rp. 12.500 – Rp. 35.000.

Enkasari

Enkasari

Enkasari merupakan obat kumur cair hasil produksi PT Kimia Farma dan dijual dengan harga Rp. 15.500 – Rp. 31.500. Enkasari mengandung ekstrak daun sirih untuk membantu mencegah infeksi pada sariawan secara efektif. 

Selain daun sirih, ada juga kandungan mentholatum dan daun saga untuk mengurangi bau mulut sekaligus menyegarkannya.

Gentian Violet

Gentian Violet adalah obat sariawan di apotik yang namanya sudah cukup populer. Ia berkhasiat mengobati infeksi jamur, khususnya yang berada di dalam mulut. Bisa juga dimanfaatkan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman. 

Masalah bibir pecah sekalipun bisa diatasi dengan ampuh oleh Gentian Violet.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara mengobati sariawan dengan bahan alami.

Semoga bermanfaat.