11 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Posted on

Manfaat jahe bagi kesehatan merupakan hal yang sudah diketahui oleh hampir semua orang. Hal ini terbukti dengan penggunaan jahe untuk beraneka macam pengobatan tradisional. Mulai dari meringankan nyeri otot, mengobati pilek sampai mengatasi masalah pencernaan. Ragam manfaat itulah yang menjadikan jahe sebagai salah satu rempah primadona untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jahe adalah tanaman herbal yang menjadi bagian dari anggota Zingiberaceae. Sehingga, jahe masih berkerabat dengan kunyit, kencur dan lengkuas. Jahe biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur untuk memperlezat citarasa makanan.

Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh bisa dirasakan oleh pria dan wanita, mulai anak-anak sampai lansia. Pasti sudah penasaran dengan ragam khasiatnya? Kalau begitu, silahkan baca artikel dibawah sampai habis.

Daftar Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh 

Menenangkan Sistem Pencernaan

Menenangkan Sistem Pencernaan

Sejak ribuan tahun lalu, jahe menjadi pertolongan pertama untuk membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian perut. Khasiatnya sudah terbukti efektif dan mampu menenangkan sistem pencernaan yang tadinya bermasalah.

Untuk mengobati masalah pencernaan, jahe bekerja dengan menghasilkan suatu zat yang bisa mencegah produksi gas berlebih di sistem pencernaan. Bukan hanya itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi ketegangan pada saluran usus.

Mengurangi Nyeri Otot

Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat jahe bagi kesehatan selanjutnya adalah meredakan nyeri otot. Di dalam jahe terkandung senyawa yang disebut gingerol. Kandungan gingerol tersebut sudah terbukti bersifat anti inflamasi dan analgesik.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada The Journal of Pain, makan sedikit jahe secara rutin setiap hari bisa menjaga peradangan tetap rendah dan meringankan nyeri otot dari cedera akibat olahraga.

Penelitian yang serupa juga menemukan fakta menarik, bahwasannya mengonsumsi jahe sesudah latihan olahraga bisa mencegah munculnya nyeri otot dalam beberapa hari kedepan sesudah latihan.

Meringankan Rasa Sakit

Meringankan Rasa Sakit

Bicara soal pengobatan tradisional, perlu Anda ketahui bahwasannya bagian tanaman yang paling banyak dimanfaatkan adalah akar. Sebab, akar diperkaya oleh minyak minyak atsiri yang didalamnya terkandung komponen aktif gingerol.

Gingerol sendiri merupakan senyawa anti inflamasi yang sangat baik terhadap kesehatan. Berkat kandungan inilah penderita rheumatoid arthritis atau osteoarthritis mengalami peningkatan mobilitas mereka sehari-hari dan tingkat rasa sakitnya berkurang, setelah mengonsumsi jahe secara teratur. 

Cara kerja gingerol adalah menghambat pembentukan sitokin inflamasi, sekaligus berperan sebagai pengangkut senyawa kimiawi yang berasal dari sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan Gula Darah

Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat jahe bagi kesehatan tubuh adalah membantu mengurangi kadar gula darah. Ini pasti menjadi kabar baik bagi mereka penderita diabetes, karena sekarang bisa memulai pengobatan alami memanfaatkan jahe yang mudah ditemukan dan harganya murah.

Fakta ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 silam. Penelitian tersebut melibatkan 41 peserta yang menderita diabetes tipe 2. Mereka diuji coba mengonsumsi 2 gram bubuk jahe setiap harinya dan terbukti mengalami penurunan gula darah sebesar 12%.

Selain itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan HbA1c (kode untuk kadar gula darah dalam jangka panjang) yang cenderung mengalami penurunan sebesar 10% dalam 12 minggu.

Menurunkan Kadar Kolesterol 

Menurunkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol LDL di dalam tubuh mampu meningkatkan risiko menderita penyakit jantung. Biasanya, pola makan menjadi faktor utama yang menyebabkan perubahan tingkat kolesterol.

Menurut penelitian tahun 2018, kelompok orang yang menderita kelebihan lemak di darah atau hiperlipidemia menunjukkan adanya pengurangan kadar LDL (kolesterol jahat) hingga 17,4%, setelah selama 3 bulan konsisten mengonsumsi 5 gram jahe bubuk.

Penelitian terdahulu ikut mendukung temuan ini, karena membuktikan apabila kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa diturunkan secara efektif hingga 10%. Penelitian ini melibatkan penderita kolesterol yang diberi kapsul jahe dan meminumnya selama 45 hari berturut-turut.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Selain membantu penderita diabetes dan kolesterol, manfaat jahe bagi kesehatan juga tidak kalah menarik untuk membantu keberhasilan program diet. Pada tahun 2019 lalu ada sebuah laporan yang memperlihatkan fakta, bahwasannya lingkar pinggang pada penderita obesitas atau kelebihan berat badan bisa dikecilkan dengan konsumsi suplemen berbahan jahe.

Di penelitian yang lain, melibatkan kelompok wanita yang mengidap obesitas dan diberi jahe. Hasilnya adalah terjadinya penurunan pada level insulin darah dan berat BMII (body mass index). Kedua hal inilah yang seringkali dikatikan dengan obesitas apabila terlalu tinggi.

Meredakan Mual Ringan

Meredakan Mual Ringan

Apakah Anda termasuk orang yang tidak tahan terhadap perjalanan jauh dan mudah teler? Kalau begitu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi akar jahe. Bagian ini dipercaya mampu mengurangi beberapa gejala mabuk perjalanan secara efektif, seperti muntah, mual, pusing dan keringat dingin.

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk meredakan muntah dan mual yang berhubungan dengan kehamilan ringan. Namun sebelum mengonsumsi jahe, sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan bidan.

Sehingga, jahe yang dimanfaatkan untuk mengobati mual ibu hamil aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki imun yang kuat sangatlah diperlukan agar kita terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Terlebih lagi dimasa pandemi seperti sekarang, wajib hukumnya menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Salah satu cara yang ampuh untuk mempertahankan imun tubuh tetap kuat adalah mengonsumsi jahe secara rutin. Pasalnya, di dalam jahe terkandung magnesium dan Vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan ini berkhasiat memperkuat sistem imun secara efektif.

Disamping itu, jahe diketahui juga mengandung shogaols, zingerones dan gingerols yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Konsumsi jahe secara rutin membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Meredakan Nyeri Haid

Meredakan Nyeri Haid

Minum air jahe secara rutin sudah terbukti bisa membantu para wanita yang merasakan nyeri ketika sedang menstruasi. Beberapa penelitian membuktikan apabila jahe yang dikonsumsi berkhasiat untuk mengurangi nyeri menstruasi pada wanita. Keampuhannya bahkan dinilai mirip seperti asam mefenamat dan obat ibuprofen.

Manfaat jahe bagi kesehatan ini bisa diperoleh dengan cara meminum air jahe minimal empat gelas. Minumlah ramuan tradisional tersebut selama 2 hari di awal menstruasi. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, jahe mampu memberikan efek menenangkan pada nyeri perut.    

Meredakan Morning Sickness

Bukan hanya membantu meredakan nyeri haid, manfaat jahe untuk wanita lainnya adalah mengurangi gejala morning sickness. Fakta menarik satu ini ditemukan pada sebuah penelitian oleh Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.

Sejak ribuat tahun lalu ekstrak jahe sudah digunakan untuk mengobati gejala-gejala gangguan pencernaan. Seperti muntah, mual, perut kembung, sembelit dan bersendawa.

Memperkuat Fungsi Otak

Memperkuat Fungsi Otak

Inflamasi kronis dan stres oksidatif merupakan dua hal yang bisa mempercepat terjadinya penuaan. Selain itu, ia juga diyakini menjadi pemicu terjadinya penurunan kognitif pada lansia dan menyebabkan penyakit Alzheimer.

Nah, mengonsumsi jahe bisa membantu Anda terhindar dari permasalahan yang berhubungan dengan penurunan otak tersebut. Sejumlah studi yang dilakukan pada hewan melaporkan, apabila senyawa bioaktif dan antioksidan pada kandungan jahe mampu memperlambat inflamasi pada bagian otak.

Temuan lain membuktikan adanya keterlibatan langsung dari jahe terkait peningkatan fungsi otak. Studi lainnya yang melibatkan kelompok wanita paruh baya, membuktikan apabila mengonsumsi jahe secara rutin per hari bisa membantu meningkatkan kinerja dan reaksi daya ingat mereka.  

Demikianlah sedikit pembahasan tentang aneka macam manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui khasiatnya, kapan nih mau mulai rutin mengonsumsi jahe?