7 Solusi Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Posted on

Kaki pecah-pecah dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun sebelum membahas bahan atau solusi mengatasi tumit pecah-pecah tersebut, kita harus mengetahui atau mengenali penyebab kaki pecah-pecah terlebih dahulu.

Ada bermacam obat alami yang dapat menghilangkan kaki pecah-pecah serta menjadikan  tumit halus secara alami yang dapat Anda coba atau praktekan di rumah. Tumit pecah-pecah merupakan suatu kondisi kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama pada perempuan. Cara mengatasinya, sangat penting untuk menerapkan cara-cara menghilangkan kaki pecah-pecah supaya kondisinya  tidak semakin parah.

Kaki pecah-pecah adalah suatu kondisi kulit pada bagian tumit yang ditandai dengan adanya kulit bersisik serta kering.

Sebagian orang banyak yang tidak menganggapi masalah kaki pecah-pecah tersebut sebagai suatu kondisi yang serius. Padahal terdapat diberbagai kasus, tumit atau kaki pecah-pecah jika dibiarkan dan tidak diatasi bisa sangat dalam dan disertai dengan rasa gatal, nyeri, kemerahan, bahkan bengkak, berdarah, dan bernanah yang menandakan telah terjadinya infeksi sehingga harus segera mendapatkan penanganan dari dokter.

Obat Kaki Pecah-Pecah Dari Bahan Alami

Menggunakan Pelembap Alami

Pilihlah bahan yang teksturnya lengket atau berminyak untuk dijadikan pelembab bagi kaki yang pecah-pecah. Contohnya saja shea butter, lidah buaya, atau petroleum jelly.Langkah penggunaannya ialah dengan merendam kaki dengan air hangat terlebih dahulu lebih kurang selama 20 menit. Setelah itu gosokkan batu apung untuk mengangkat lapisan-lapisan sel kulit mati pada kaki. Selanjutnya keringkan kaki dengan handuk bersih. Kemudian, oleskan pelembab alami pilihan anda pada permuaan kulit yang pecah-pecah. Bungkus menggunakan kaus kaki lalu biarkan kandungan alami tersebut menyerap semalaman. Lakukanlah langkah-langkah ini secara rutin setiap malam menjelang tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Minyak zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil terbukti dapat mengatasi tumit pecah-pecah karena memiliki kandungan lemak baik, nutrisi dan atioksidan yang bagus untuk kulit. Sehingga minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah.

Langkah penggunaan minyak zaitun pada kaki ialah dengan mengoleskan pada permukaan kulit kaki yang pecah-pecah sambil dipijat-pijat dengan lembut selama 10 sampai 15 menit. Dengan pemijatan tersebut juga dapat membantu perangsangan sirkulasi darah sehingga memopercepat proses penyembuhan.

Selanjutnya, lakukah tahapan yang sama dengan yang diatas yaitu membungkus kaki menggunakan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman untuk hasil penyerapan maksimal.

Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya dapat digunakan untuk pengolahan berbagai jenis makanan tapi juga dapat menjadi obat kaki yang pecah-pecah. Minyak kepala mengandung antimikroba serta antiradang.

Selain untu melembapkan dan mengaluskan kaki, dengan kandungan tersebut maka minyak kelapa dapat mengatasi kaki pecah-pecah yang rentan berdarah atau mengalami infeksi. Langkah pemakainnya sama dengan cara diatas.

Madu

Madu
Madu

Kandungan antibakteria serta antimikroba yang terdapat dalam madu dapat membantu melembapkan kulit serta mempercepat proses penyembuhan kulit kaki pecah-pecah.

Langkahnya ialah dengan menyediakan wadah yang berisi air hangat  untuk merendam kedua kaki, lalu campurkan segelas madu ke dalam wadah tersebut. Rendamlah kedua kaki di dalam wadah selama 15-20 menit, lalu gosok lembut permukaan kulit kaki yang pecah-pecah.  Tidak hanya dengan cara langkah tersebut madu dapat juga digunakan dengan cara menggunakan madu sebagai masker pada kaki pecah-pecah dan diamkan selama semalam.

Lulur Oatmeal

Cara menghilangkan kaki pecah-pecah secara alami ialah menggunakan oatmeal.  Oat mengandung senyawa yang disebut saponon yang berfungsi sebagai pembersih alami dan mengilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Bisa membantu menghilangkan sel kulit mati.Lulur oatmeal sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai bahan untuk menyembuhkan kulit iritasi serta  meradang. 

Langkahnya ialah dengan mencampurkan oatmeal dan minyak zaitun. Campurkan  1 sendok makan oat kering dengan 1 sendok makan minyak zaitun (atau jenis minyak sayur lainnya). Aduk merata sampai membentuk pasta.

Oleskan campuran tersebut  pada permukaan kulit kaki yang pecah-pecah. Biarkan selama kurang lebih 30 menit. Dan setelah itu bilas menggunakan air sampai bersih.  Lakukan cara ini dengan rutin agar kulit kaki emnjadi halus kembali.

Masker Pisang dan Alpukat

Masker Pisang dan Alpukat

Menggunakan masker pisang dan Alpukat juga dapat menjadi solusi mengatasi tumit pecah-pecah pada kaki. Pisang adalah pelembap kulit alami yang mengandung vitamin A,B6, dan C, yang semuanya membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaga tetap terhidrasi. Alpukat merupakan buah yang mengandung vitamin A, vitamin E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi yang dapat mempercepat penyembuhan kaki pecah-pecah.

Langkah menggunakan masker ini ialah dengan mencampurkan 1 buah pisang matang dengan ½ buah alpukat. Haluskan kedua buah tersebut lalu campurkan merata hingga menjadi pasta.

Oles tebal dan merat masker ini pada kaki yang bermasalah lalu diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilaslah kaki dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Untuk hasil maksimal lakukan langkah ini dengan rutin.

Petroleum jelly dan Air Lemon

Petroleum jelly dan Air Lemon

Solusi mengatasi tumit pecah-pecah yang terakhir adalah dengan menggunakan Petroleum jelly, Karena kandungan yang ada pada petroleoum Jelly akan membantu kulit tetap terhidrasi dan lembut. Dan dengan beragam nutrisi yang terkandung dalam air lemon dapat membasmi sel-sel kulit mati. Dengan campuran kedua bahan ini akn mempercepat penyembuhan kaki yang pecah-pecah.

Adapun langkah atau cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan 1 sendok mteh petroleum jelly dan 3 sendok the air lemon dalam sebuah wadah lalu aduk merata hingga membentuk pasta. Sebelum mengoleskan pasta tersebut, rendamlah kaki di dalam air hangat sekitar 20 menit, lalu keringkan. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada permukaan kulit kaki yang bermasalah. Diamkan sekitar 1 jam. Anda juga dapat membungkus kaki menggunakan kaos kaki dan biarkan semalaman. Lakukanlah cara ini secara rutin agar tumit kaki menjadi lebih lembut dan halus.

Dengan menggunakan  obat alami untuk kaki pecah-pecah  di atas, tumit pecah-pecah akan segera membaik dalam jangka waktu beberapa hari.

Jika kondisinya tidak kunjung membaik dan bertambah parah setelah mengikuti langkah dan cara- cara diatas, maka segeralah periksakan dan kosulsati ke Dokter.