Tidak Perlu Mahal! Ini 12 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Tradisional

Posted on

Tidak Perlu Mahal! Ini 12 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Tradisional – Asam urat adalah penyakit yang tidak mengenal usia dan bisa kambuh sewaktu-waktu. Rasa nyeri yang dirasakan seringkali tidak tertahankan dan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Selain para orang tua, remaja di usia muda juga berpotensi mengalaminya. Nah, kalau sudah begini Anda perlu menyimak beberapa cara mengobati asam urat tradisional berikut.

Ciri-ciri orang terkena asam urat adalah merasa tidak nyaman, panas dan nyeri tidak tertahankan pada sendi. Tidak jarang pula yang mengalami pembengkakan dan kulit di area sendi kemerahan. Penyebab asam urat yaitu konsumsi makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan.

Tanpa basa-basi, ini dia cara mengobati asam urat tradisional yang bisa dipraktekkan di rumah.

Cara Mengobati Asam Urat Tradisional yang Efektif

Jahe

Jahe

Untuk membantu meredakan asam urat pada kaki yang bengkak, Anda bisa membuat salep alami dengan jahe. Rempah ini dikenal bisa menjadi salah satu alternatif jamu asam urat tradisional. Ada dua cara pemakaian, yaitu meminum air jahe dan menempelkan langsung ke bagian tubuh.

Pertama, siapkan jahe dua sendok teh dan air mendidih selama 10 menit. Lalu minum ramuan ini 3 gelas per hari.

Kedua, kompres jahe secukupnya menggunakan air hangat dan rendam dengan waslap. Tunggu waslap sampai dingin, lalu oleskan di bagian tubuh yang terasa sakit. Tunggu selama 15-30 menit, lakukan 1x per hari.

Segera hentikan apabila kulit Anda mengalami iritasi.

Ceri

Obat asam urat alami berikutnya adalah ceri yang berpotensi besar untuk membantu meredakan rasa sakit ataupun mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh agar tetap normal.

Cara mengobati asam urat dengan ceri sangatlah mudah, Anda bisa memakannya mentah, dibuat jus maupun ekstrak.

Cuka Apel

Belum banyak orang tahu bagaimana besarnya manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh. Bahan alami satu ini bisa menjadi pembersih yang akan membuang berbagai macam racun dari dalam tubuh. Khasiat tersebut tidak lepas dari asam malat atau malic acid yang mampu memecah partikel asam urat secara ampuh dan efektif.

Jika sewaktu-waktu gejala asam urat kambuh, Anda tinggal mencampurkan cuka apel 1 sendok teh dan segelas air.

Air Lemon

Air Lemon

Rasa nyeri pada kaki, lengan dan lutut adalah pertanda bahwa kadar asam urat Anda berlebih. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, bisa dilakukan dengan membersihkan limbah asam urat agar berada di kadar normal.

Buah lemon diketahui mengandung citric acid yang mampu mengurangi asam urat di dalam tubuh secara perlahan. Ada juga Vitamin C yang berkhasiat untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Cara mengobati asam urat dengan lemon sangatlah sederhana, Anda hanya perlu mencampurkan segelas air dan potongan lemon. Lakukan secara rutin setiap hari supaya bisa bekerja optimal.

Olahraga Teratur

Selain mengonsumsi beraneka macam bahan alami, cara mengobati asam urat juga tergantung pada pola hidup sehari-hari. Apabila menginginkan kadar asam urat di dalam tubuh terkontrol dengan baik, maka harus diimbangi dengan olahraga rutin.

Yaitu berolahraga minimal 5 hari dalam satu minggu dengan durasi 30 menit per hari. Beraktivitas fisik berguna untuk melatih sendi dan memperkuatnya supaya tidak mudah sakit. Di usia muda Anda bisa lompat tali, sedangkan orang tua bisa jalan-jalan pagi hari. 

Namun, pada saat sendi mengalami peradangan atau asam urat kambuh jangan berolahraga. Hal itu bisa memperparah kondisi Anda. Agar tidak kaku pada saat peradangan, Anda cukup melakukan beberapa gerakan ringan.

Minyak Zaitun

Cara mengobati asam urat pada kaki berikutnya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi untuk meredakan peradangan karena didalamnya diperkaya antioksidan dan Vitamin E. Selain itu, kadar asam urat di dalam tubuh juga lebih terkontrol supaya tidak melebihi batas normal berkat Vitamin E-nya.

Soda Kue

Meskipun namanya terdengar jauh dari perihal kesehatan tubuh, namun sebenarnya kita bisa mengambil manfaat besar soda kue. Tidak banyak orang tahu, soda kue mampu menjaga kandungan alkaline alami di dalam tubuh dengan baik.

Itu berarti, penumpukan limbah kolesterol bisa segera dibuang melalui ginjal secara efektif dan mencegah jumlahnya lebih banyak. Untuk mengatasi asam urat dengan soda kue, silahkan Anda campur segelas air dan soda kue 1 1/2 sendok teh.

Minum ramuan ini sebanyak 4 kali per hari, lakukan secara rutin 2 minggu. Cara ini tidak boleh dilakukan oleh lansia lebih dari 60 tahun dan penderita darah tinggi.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung berbagai macam nutrisi baik yang berkhasiat untuk mengontrol kadar asam urat di tubuh agar tetap normal. Anda hanya perlu membiasakan diri minum teh hijau setiap hari. Dengan begitu, peradangan sendi akibat asam urat yang kambuh bisa dicegah.

Teh Jelatang

Teh Jelatang

Selain rutin minum teh hijau, Anda juga bisa membuat teh dari tanaman jelatang untuk membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan akibat asam urat secara efektif. Sehingga, rasa sakit tidak tertahankan bisa segera diatasi atau minimal tidak bertambah parah.

Cara mengobati asam urat dengan jelatang adalah menjadikannya sebagai minuman. Silahkan Anda rebus jelatang 1-2 sendok teh, kemudian minum airnya. Minum teh jelatang sebanyak 3 gelas dalam sehari secara rutin.

Seledri

Dari sekian banyak manfaat seledri untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masalah asam urat di dalam tubuh. Anda bisa minum jus selederi secara rutin setiap hari, sehingga kadar asam urat bisa dikendalikan dengan baik.

Makanan Berserat

Menerapkan pola makan sehat juga menjadi kunci penting dari cara mengobati asam urat yang ampuh dan efektif. Salah satu yang sebaiknya segera diterapkan adalah memperbanyak makanan berserat.

Makanan tinggi serat mampu menyerap asam urat yang berada di aliran darah, lalu membuang limbah berlebih melalui ginjal dan pencernaan. Makanan tinggi serat antara lain brokoli, wortel, timun oat dan buah pir. 

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan air sehari-hari merupakan langkah paling sederhana namun ampuh dalam meringankan gejala asam urat. Ketika tubuh mendapatkan asupan air yang cukup, maka ginjal bisa membuang limbah asam urat berlebih dalam bentuk urine.

Menurut penelitian di American College of Rheumatology, risiko terkena asam urat pada orang-orang yang minum air putih sebanyak 5-8 gelas per hari jauh lebih rendah.

Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

Setelah membahas obat alami untuk menurunkan kolesterol, sekarang kita cari tahu makanan apa saja yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Sehingga, asam urat tidak mudah kambuh karena salah memilih makanan.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam urat kambuh antara lain:

Makanan laut khususnya sarden, lobster dan udang

Minuman beralkohol seperti whiski, vodka dan bir

Jeroan seperti ginjal dan hati

Daging merah seperti domba, babi, kambing dan sapi

Makanan yang tinggi gula seperti fast food, permen, es krim, soda dan jus

Itu tadi adalah cara mengobati asam urat tradisional yang efektif dan bisa dipraktekkan di rumah.

Semoga bermanfaat.